Melihat Candi Surowono Dan Petilasan Sri Aji Joyoboyo

Kediri merupakan sebuah kabupaten yang berada di wilayah Jawa Timur. Di kota yang berjarak sekitar 128 km dari kota Surabaya ini mempunyai banyak wisata, mulai dari wisata sejarah hingga wisata alam.

 

Candi Surowono

Gambar terkaitPeninggalan suci Kerajaan Majapahit ini terletak di Pare, kurang lebih 28 kilometer, atau sekitar 50 menit dari Kota Kediri. Dulu, candi ini menjadi tempat bersuci Raja Wengker, salah satu raja fatsal atau bawahan di masa pemerintahan Raja Hayam Wuruk, Majapahit. Dalam kitab Negarakertagama disebutkan, Candi yang dibangun pada abad 15 ini terletak di Visnubuvanapura, sebuah tempat pemujaan kepada Dewa Wisnu yang terletak di daerah kekuasaan Kerajaan Majapahit. Candi ini dari segi arsitektur maupun relief menggambarkan cerita Arjuna Wiwaha, Bubhuksah, Gagang Aking, dan Sri Tanjung.

 

Petilasan Sri Aji Joyoboyo

Gambar terkaitMakam ini terletak di Desa Pamenang, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri. Di petilasan yang terletak 10 kilometer dari kota Kediri ini, terdapat bangunan suci Loka Muksa, sebuah bangunan yang terdiri dari lingga dan yoni yang menyatu dengan sebuah manik. Secara keseluruhan, bangunan ini dikelilingi pagar beton bertulang yang dilengkapi tiga buah pintu. Konon, tiga pintu ini merepresentasi tingkat kehidupan kita yang meliputi lahir, dewasa, dan mati. Sosok Prabu Joyoboyo memang mengundang kekaguman. Ini pula yang jadi alasan, mengapa wisatawan banyak yang datang ke petilasannya. (dari berbagai sumber)

 

—————————

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat