Melibatkan Semua Pihak

Lalu, pertanyaannya adalah “Hal apa saja yang harus dilakukan sebuah media internal guna meningkatkan sense of belonging para pembacanya?”. Pada artikel terdahulu, yaitu “Meningkatkan Kinerja Perusahaan Dengan Wawasan Berkualitas” telah disebutkan bahwa selain berisi informasi internal perusahaan, media internal akan mendapatkan tempat tersendiri di hati pembaca jika memuat berbagai artikel yang memenuhi kebutuhannya.

Selaras dengan hal tersebut, keterlibatan pembaca pun turut menjadi pertimbangan tersendiri. Keterlibatan inilah yang ditengarai mampu menjalin ikatan kuat antara media internal dengan pembacanya. Dengan keterlibatan tersebut, maka sense of belonging para pembaca niscaya akan bertumbuh semakin kuat. Pada gilirannya, media internal tentu saja dapat memperkokoh posisi dan peranannya sebagai media komunikasi dan informasi perusahaan yang efektif.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan guna meningkatkan keterlibatan pembaca terhadap kehadiran media internal. Salah satunya adalah menyediakan berbagai rubrik (baca : kesempatan) khusus bagi para pembaca. Rubrik yang cukup populer dan efektif adalah rubrik dimana para pembaca dapat mengekspresikan pikiran, aspirasi, kegiatan maupun usulan mereka.

Namun disisi lain, media internal seyogyanya dapat memberikan ruang yang lebih banyak bagi pembaca untuk menuangkan inspirasi dan aspirasinya. Hal ini dapat dengan mudah dilakukan melalui kehadiran rubrik khusus yang akan “memancing” keterlibatan mereka.

Contohnya adalah dengan menghadirkan rubrik kolom yang berisi berbagai tulisan dari pembaca. Tentu saja, diperlukan kategori khusus untuk membatasi kandungan rubrik ini. Satu hal terpenting yang harus dilakukan dalam penyajian rubrik kolom adalah adanya “undangan” yang konsisten dan berkesinambungan kepada para pembaca untuk turut berartisipasi aktif. Dengan adanya “undangan” ini, mereka akan terus “diingatkan” bahwa partisipasi mereka sangat diharapkan.

Hal lain yang juga tidak kalah pentingnya untuk melibatkan pembaca adalah dengan menghadirkan rubrik kuis berhadiah menarik. Pertanyaan kuis dapat diambil dari petikan-petikan informasi umum yang tersebar dalam berbagai artikel pada edisi terkait. Selain menjadikan pembaca lebih giat membaca isi media internal secara keseluruhan, hadiah menarik yang diperoleh akan mampu memperkuat penanaman imej media internal  dalam benak pembaca.

Apabila memungkinkan, dapat pula dirancang sebuah perlombaan menulis artikel atau pun perlombaan fotografi. Jenis perlombaan ini, berdasarkan berbagai survey internal yang telah dilakukan berbagai media internal, mampu mendongkrak sense of belonging para pembaca secara signifikan.

Percayalah bahwa masih banyak hal lain yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterlibatan pembaca dalam sebuah media internal. Namun yang pasti, upaya ini harus dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan. Ayo kita libatkan pembaca sepenuhnya. Karena, tanpa pembaca maka sebuah media internal tidak akan bermakna.

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat