Media Internal, Media Peningkat Kinerja Perusahaan

Informasi merupakan hal terpenting dalam kehidupan. Banyak pihak meyakini bahwa siapa pun yang berhasil menguasai informasi, maka jalan kesuksesan akan semakin terang benderang baginya. Dengan menguasai informasi yang tepat, maka kita akan semakin mudah memenangkan setiap “pertarungan” dalam berbagai sisi kehidupan yang berlangsung kian ketat.

Hal terpenting dari “penguasaan” informasi tersebut adalah bagaimana kita mendistribusikannya kepada berbagai pihak terkait. Pendistribusian informasi dapat dianalogikan sebagai aliran darah dalam tubuh manusia. Sebagaimana kita ketahui, darah secara konsisten dan berkesinambungan menyalurkan ragam nutrisi kepada seluruh bagian tubuh tanpa terkecuali. Hasilnya, setiap bagian tubuh mendapat asupan nutrisi yang cukup sehingga dapat berfungsi dengan baik dan berperan sebagaimana mestinya. Berkaca pada analogi tersebut, maka aliran informasi yang berlangsung secara terus menerus dan tepat sasaran diharapkan mampu berperan penuh dalam upaya peningkatan kinerja perusahaan.

Dengan kehadiran sebuah media komunikasi yang andal dan berkualitas, maka rangkaian informasi penting, terutama mengenai prestasi, produk terbaru, peningkatan kualitas layanan dan laporan kinerja perusahaan, dapat tersebar dan terserap dengan cepat. Tidak hanya itu, kualitas berita yang disajikan pun tidak perlu diragukan, karena telah melalui serangkaian proses penulisan, editing dan persetujuan yang sangat ketat.

Beberapa pihak mendefinisikan media internal sebagai publikasi dengan menggunakan media yang secara khusus dibuat oleh organisasi untuk kalangan lingkungan dalam (internal). Media ini biasanya memiliki format sebagai majalah, tabloid, dan lainnya. Bentuk yang digunakan untuk media internal tergantung dari besar-kecilnya organisasi dan anggaran yang tersedia.

Media internal memiliki cukup banyak manfaat. Diantaranya adalah sebagai media penyebarluasan informasi tentang operasional perusahaan, mensosialisasikan kebijakan perusahaan dan mengangkat isu umum masalah-masalah perusahaan.

Selaras dengan hal tersebut, apabila dimanfaatkan dengan baik, media internal mampu mendekatkan karyawan dan perusahaan. Terlebih, pengukuran keberhasilan media internal adalah saat karyawan merasa menjadi bagian dari organisasi melalui media internal. Kehadiran media internal pun dapat membantu upaya saling pengertian antar karyawan, dan sekaligus menanamkan budaya organisasi, mempertahankan dan mensosialisasikan perubahan.

Secara signifikan, keberadaan media komunikasi internal mampu meningkatkan kinerja perusahaan.Tentu saja, tantangan kedepan yang harus dihadapi adalah terus melakukan inovasi dalam pengelolaan dan penerbitan media internal tersebut. Hal ini menjadi prioritas yang sangat penting guna meningkatkan manfaat yang diberikan dan sekaligus menjadikan media internal ini sebagai media komunikasi yang didambakan dan senantiasa dinanti oleh setiap pembacanya.

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat