Manis Alami

Berbukalah dengan yang manis-manis, merupakan ungkapan yang umum muncul bagi seseorang yang hendak malaksanakan buka puasa. Buka puasa merupakan momen paling ditunggu-tunggu untuk menghilangkan rasa haus dan lapar. Idealnya, menu berbuka yang manis kerap menjadi hidangan wajib, karena memang selepas sahur simpanan gula darah akan terus menurun sepanjang hari kita berpuasa. Gula darah inilah yang menjadi sumber energi utama tubuh untuk menggantikan energi yang hilang, dan cepat meningkatkan kadar gula darah yang turun setelah berpuasa.

Untuk menggantikan energi yang hilang, kita butuh menu berbuka puasa yang tepat agar jangan sampai kebanyakan konsumsi manis yang tidak memiliki gizi cukup untuk menggantikan nutrisi yang hilang selama seharian beraktivitas. Akibatnya, kita justru akan merasa lemas dan mengantuk setelah buka puasa.

Alangkah baiknya kita memilih makanan manis alami yang juga mengandung serat dan bernutrisi tinggi, seperti jus buah atau jus kurma tanpa pemanis tambahan, buah segar, buah kering, ataupun buah yang dibekukan. Serat buah-buahan membantu mengontrol gula darah agar tidak melonjak tinggi. Selain itu, disarankan pula untuk mengganti gula pasir dalam menu berbuka puasa dengan madu yang mempunyai nilai gizi cukup menguntungkan atau ekstrak vanila.

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat