Manfaat Laporan Keberlanjutan Bagi Perusahaan

Selain menyusun Laporan Tahunan, perusahaan yang melantai di Bursa Efek Indonesia juga diwajibkan untuk membuat Laporan Keberlanjutan (Sustainability Report) setiap tahunnya. Dua laporan ini adalah wajib disajikan untuk para pemegang saham. Kalau Laporan Tahunan meliputi laporan keuangan dan kinerja perusahaan secara umum, laporan keberlanjutan adalah laporan yang mengulas bentuk kepedulian korporasi terhadap keselamatan lingkungan dan alam sekitar atas proses bisnis yang dijalankan.

Dilansir dari laman annualreport.id, manfaat Laporan Keberlanjutan salah satunya ialah kinerja perusahaan bisa langsung dinilai oleh pemerintah, masyarakat, organisasi lingkungan, media massa khususnya para investor dan kreditor.

Selain itu, Laporan Keberlanjutan juga berdampak pada peningkatan reputasi perusahaan yang lebih baik dan membangun kepercayaan publik terhadap bisnis. Hal ini juga diungkapkan oleh Boston College Center for Corporate Citizenship dan EY. Hasil survei yang dilakukan mereka pada 2013 mengungkapkan, lebih dari 50 responden yang mengeluarkan laporan sustainability mengatakan laporan tersebut membantu meningkatkan reputasi perusahaan. Hal ini juga berdampak pada peningkatan akses terhadap modal. Dimana perusahaan yang mengeluarkan Laporan Berkelanjutan memiliki indeks Kaplan-Zingales (KZ-Index) dengan skor 0,6 lebih rendah, yang menandakan lebih sedikit batasan akses modal.

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat