Majalah Internal di Era Digital

Majalah Internal Perusahaan merupakan salah satu metode komunikasi yang paling efektif. Pun, pada era digital seperti saat ini, Majalah Internal tetap menjadi salah satu tools marketing communication yang cukup powerful karena memiliki karakteristik tersendiri yang tidak dimiliki oleh channel komunikasi yang lain.

Pertanyaannya adalah, apakah Majalah Internal masih efektif untuk digunakan sebagai bentuk komunikasi perusahaan di era digital dan paperless seperti saat ini? Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan Majalah Internal:

Keunggulan Majalah Internal:

1. Lebih Terpercaya. Pada era digital dimana informasi akan lebih cepat tersebar, cenderung tanpa filter, informasi menjadi sulit dipertanggungjawabkan kebenarannya. cenderung terdapat banyak informasi palsu (hoax). Untuk itu Majalah Internal hadir dengan karakteristik yang dapat meng-counter kelemahan informasi digital yang terkesan “terlalu cepat”.

2. Lebih eksklusif. Berita atau informasi yang ada di Majalah Internal dipandang merupakan informasi pilihan dan punya value besar.

3. Long term information. Informasi yang ada pada Majalah Internal lebih bersifat “permanen” dibandingkan dengan informasi yang ada di media digital.

4. Lebih Melekat di Benak Pembaca. Majalah Internal secara psikologis lebih terpercaya sehingga informasi-informasi yang ada di dalamnya cenderung lebih melekat di pikiran para pembacanya.

Majalah Internal membutuhkan:

1. Membutuhkan effort yang lebih dibandingkan dengan media komunikasi yang lain. Minimal, harus ada reporter, editor, fotografer, dan desainer yang memiliki kompetensi di bidangnya untuk membuat majalah perusahaan atau media internal yang baik. Baik dari sisi konten maupun desain.

2. Membutuhkan waktu yang lebih lama. Penyampaian informasi juga tidak dapat real time seperti halnya media digital. Namun, lebih mendalam dan terpercaya.

3. Memerlukan biaya yang lebih banyak dibandingkan dengan channel komunikasi digital. Namun, dapat diminimalisir dengan membuat versi emagazine.

Menggunakan Jasa Pembuatan Majalah Internal sebuah Perusahaan

Pertanyaan berikutnya adalah, perlukah menggunakan jasa creative agency atau jasa pembuatan majalah perusahaan?

Jawabannya akan sangat tergantung dengan resource yang ada di perusahaan atau instansi tersebut. Apakah memiliki SDM yang cukup untuk membuat majalah perusahaan, mengingat SDM yang dibutuhkan cukup banyak dan membutuhkan kompetensi khusus? Lalu apakah dana yang dibutuhkan mencukupi untuk memfasilitas pembuatan media internal, seperti komputer dengan spesifikasi grafis, kamera yang mumpuni, dll?

Jika dikalkulasi, tentu menggunakan jasa pembuatan majalah perusahaan atau jasa pembuatan media internal lebih menguntungkan karena perusahaan tidak perlu mengeluarkan budget terlalu besar untuk menambah SDM dan berbagai macam peralatannya.

Selain itu, tentu membuat sebuah Majalah Internal memerlukan kompetensi khusus dan pengalaman yang cukup panjang di bidangnya, untuk memastikan bahwa majalah perusahaan atau media internal yang diterbitkan benar-benar dapat memenuhi harapan perusahaan.

Tertarik menggunakan Majalah Internal?

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat