Langkah Penting Pemimpin Yang Sukses

Banyak sebutan dari seorang pemimpin misalnya manager, direktur, kepala, supervisor dan sebagainya. Saat Anda memegang posisi sebagai seorang pemimpin, tentu terselip keinginan menjadi pemimpin yang sukses, apa pun sebutan pemimpin dan bidang yang ditanganinya.

Pemimpin yang baik harus bisa menjadi motivator. Ia dituntut mampu secara konsisten menginspirasi timnya berjuang meningkatkan kualitas dan keunggulan pekerjaan mereka. Tugas seorang pemimpin adalah meningkatkan standar dan tingkat produktivitas secara kontinyu. Berikut ini beberapa ketrampilan manajerial penting untuk dikembangkan demi menciptakan suatu tim yang bekerja efektif dan berprestasi:

1.Mengamati Karyawan dan Lingkungan Kerja

Karena tuntutan untuk memenuhi jadwal dan waktu, sehingga tidak mengherankan jika seorang pemimpin tidak banyak waktu mengamati lingkungan kerja. Namun, sebenarnya aspek ini sangat penting.  Seorang pemimpin yang baik harus menjadwalkan waktu untuk mengamati lingkungan kerja. Dia harus melakukan kunjungan rutin ke lingkungan kerja dan mengamati bagaimana situasinya. Pengamatan harus mencakup mengamati karyawan di tempat kerja, bagaimana mereka berinteraksi, dan apakah prosedur kerja dilaksanakan dan alur kerja berjalan lancar.

Buat pertemuan yang teratur dengan karyawan, tidak hanya di saat krisis. Penting bagi seorang pemimpin untuk melakukan konferensi individu dan kelompok untuk memantau kinerja dan juga dengan maksud untuk memfasilitasi pengembangan profesionalisme tim.

Dari hasil pengamatan langsung maka dapat direncanakan sebuah penyesuaian untuk peningkatan produktivitas. Penetapan kebijakan dan prosedur dan kriteria kinerja juga dapat dibuat dengan lebih tepat. Disamping itu kehadiran pemimpin di lingkungan kerja dan dengan memahami apa yang terjadi di sana, maka hal itu akan menambah kredibilitasnya.

  1. Melaksanakan program pengembangan profesional

Setelah kekuatan dan kelemahan tim dievaluasi dan diidentifikasi, salah satu peran kunci pemimpin adalah membuat strategi untuk pelatihan dan pengembangan karyawan, pada bidang yang membutuhkan penguatan kemampuan.

  1. Memiliki keahlian dan pengetahuan kerja

Pemimpin harus memiliki keahlian yang kuat serta pengalaman dalam proses dan produksi pada bagian yang ditanganinya. Jika ternyata ia tidak memiliki semua pengetahuan dan keahlian, maka penting berkonsultasi dengan kepala departemen terkait untuk memperoleh gambaran menyeluruh tentang informasi yang akurat dari apa yang terjadi.

  1. Membuat keputusan yang baik

Pengambilan keputusan adalah hal berisiko tetapi harus diambil. Pertimbangkanlah semua faktor yang relevan sebelum pengambilan keputusan. Keputusan harus jelas dan tegas. Bersiaplah untuk menyesuaikan dan beradaptasi jika diperlukan. Keteguhan dikombinasikan dengan fleksibilitas yang diperlukan akan melahirkan keyakinan bawahan pada kepemimpinannya.

  1. Melakukan evaluasi dan penelitian untuk merencanakan masa depan

Pemimpin adalah ujung tombak dalam bidang bisnis yang ia tangani. Untuk mencapai ini, pemimpin harus memiliki kemampuan melakukan tinjauan dan penelitian. Disamping mengelola standar produk dan kualitas kinerja ia  juga wajib merencanakan dan mempersiapkan masa depan berdasarkan tinjauan dan penelitian tersebut. Seorang pemimpin diharapkan proaktif.

Apakah nilai nilai itu sudah ada pada diri Anda sebagai pemimpin? Jika belum berjuanglah untuk menguasainya! Semoga sukses! (Oleh: Nur Fitrianto)

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat