Komunikasi Efektif, Perhatikan 7 C

Komunikasi berperan sangat penting dalam sebuah Perusahaan, karena keberhasilan dan kualitas dari sebuah perusahaan berawal dari cara berkomunikasi dari organisasi tersebut. Tetapi, masih banyak organisasi yang memiliki komunikasi internal tidak baik dan memiliki banyak masalah dikarenakan komunikasi yang belum baik antar individunya.

Jadi, kemampuan berkomunikasi dengan baik adalah mutlak dimiliki oleh setiap pegawai perusahaan. Lalu, bagaimana agar komunikasi berjalan dengan baik dan efektif?

Perhatikan 7C berikut:

  1. Clear (jelas) : saat menyampaikan pesan, pastikan informasinya jelas dan dapat dimengerti oleh si penerima pesan.
  2. Concise (singkat, padat) : sampaikan pesan dengan singkat, ringkas, atau padat, tidak bertele-tele.
  3. Concrete (konkret) : pesan yang disampaikan adalah sesuatu yang konkret atau nyata, bukan sesuatu yang abstrak.
  4. Correct (benar) : pesan atau informasi yang disampaikan harus benar, alias tidak mengada-ada.
  5. Coherent (masuk akal) : pesan atau informasi yang baik adalah pesan yang logis atau masuk akal.
  6. Complete (lengkap) : sampaikan pesan dengan tuntas, supaya informasinya diterima dengan baik.
  7. Courteous (sopan) : sampaikan pesan atau informasi dengan cara yang sopan, dengan siapapun Anda bicara.
integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat