Kiat Menulis Press Release

previous arrow
next arrow
PlayPause
Slider

Apakah Integritiers sering mendengar tentang press release

Secara umum, press release adalah suatu informasi yang diterbitkan oleh sebuah organisasi/perusahaan kepada publik melalui media massa. Lewat press release organisasi/perusahaan dapat mempublikasikan kegiatan, capaian kinerja, promosi, atau informasi apapun yang tengah terjadi di dalam organisasi/perusahaan. 

Meski terkesan mudah, akan tetapi penting memperhatikan berbagai hal, sebelum press release dipublikasikan kepada publik. Menurut Forbes, apa pun jenis pers release yang disampaikan ke media, selalu ada aturan yang berlaku dan perlu menjadi perhatian. 

Misalnya dibuat dengan judul yang menarik, serta mengandung informasi yang akurat dan ditulis dengan baik. Media akan menyukai press release profesional yang mudah disisipkan ke dalam berita dan tidak perlu banyak penulisan ulang. 

Berikut beberapa hal yang dapat diperhatikan, untuk mempersiapkan press release yang menarik dan berkualitas dalam waktu yang singkat.

  1. Memiliki struktur layaknya penulisan naskah berita: Head (judul), Dateline (baris tanggal), Lead (teras berita), News body (tubuh atau isi berita).
  2. Memenuhi unsur berita 5W+1H.
  3. Tidak panjang, hanya satu sampai dua halaman saja.
  4. To the point dan komprehensif.
  5. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Sehingga meminimalisir kesalahan konteks atau informasi .
  6. Menyertakan ilustrasi foto, tabel, atau grafik atau bahan pendukung lainnya (apabila perlu).
  7. Ditulis pada kertas berkop-surat.
  8. Menyantumkan informasi kontak, seperti nama, alamat lembaga, nomor telepon, fax, email, dan website.
integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat