Kiat Memilih Audio Mobil Berkualitas

Memiliki mobil pribadi tidak hanya sebagai kebutuhan untuk menunjang kemudahan dalam beraktivitas. Namun, dalam berkendara juga membutuhkan titik kenyamanan saat menyetir. Hal itu dapat Anda lakukan dengan mendengarkan musik untuk mengusir rasa bosan yang kunjung datang ketika dalam perjalanan. Apalagi jika perjalanan yang ditempuh cukup jauh.

Mendengarkan musik di dalam mobil akan terasa lebih nyaman jika audionya menghasilkan suara yang berkualitas. Audio dengan kualitas yang bagus bisa didapatkan ketika Anda membeli mobil dengan harga lebih dari Rp 500 juta. Adapun audio yang dipasang dalam mobil harga tersebut seperti Bose Original, Boston Original, Harman Kardon, dan Alpine.

Namun, bagi Anda yang sudah memiliki mobil yang dibeli sesuai dengan middle budget, Anda juga bisa meningkatkan kualitas audio dengan memasang audio yang tidak kalah kualitasnya dengan audio pada mobil-mobil mewah. Tapi, biasanya ketika membeli audio mobil dalam satu paket, terkadang setelah selesai dipasang ada yang tidak menghasilkan suara yang memuaskan. Anda tidak perlu khawatir, ada beberapa cara untuk mengatasinya.

Pertama, Anda bisa menyesuaikan budget dalam membeli audio mobil dalam satu paket. Satu yang perlu Anda ketahui bahwa untuk menghasilkan audio yang bagus sesuai dengan mobil yang Anda miliki tidak harus yang mahal. Karena, hal itu bisa menggunakan sistem audio yang match. Ketika membeli audio mobil, ada beberapa spek pendukung dalam pemasangan yang harus Anda beli, seperti power, sub, capasitor bank, speaker split, speaker coaxial dan satu lagi yang tidak boleh terlupakan adalah head unit.

Kedua, dalam memilih head unit agar dapat menghasilkan suara berkualitas, Anda perlu memperhatikan apakah ada front, rear, dan sub-nya. Biasanya, sub di belakang tape terdapat enam lubang RCA. Head unit yang sering dipakai adalah Clarion dan Alpine. Keduanya memiliki kualitas suara yang sangat bagus.

Kemudian, jika speaker mobil Anda sudah termakan oleh usia, Anda patut menggantinya dengan speaker standar yang baru. Jika ingin memaksimalkan output agar terdengar lebih jernih, Anda bisa memilih speaker split atau coaxial.

Lalu, power amplifier yang digunakan harus yang berkualitas dan telah teruji. Sebelum membeli, Anda bisa mencari referensi berdasarkan rekomendasi dari teman atau mencari review-nya di situs otomotif. Amplifier yang berkualitas akan menghasilkan kombinasi musik yang nyaman dan vokal yang jernih di telinga.

Selanjutnya, ketika Anda memilih subwofer, pilihlah yang sesuai dengan ukuran dan jenis mobil Anda. Untuk mobil jenis SUV, MPV dan Microbus lebih cocok menggunakan subwoofer berukuran 12 inchi. Anda bisa menggunakan subwoofer single atau double coil. Jika Anda pencinta street music, Anda juga bisa menambahkan papan MDF berukuran 18 milimeter yang ditambahkan dengan slot lubang agar suara bass terdengar hingga keluar. Biasanya, pada pemasangan audio yang dengan kapasitas yang maksimal memiliki potensi kerusakan pada aki dan alternator. Namun, hal itu dapat diatasi jika Anda memasang capasitor bank pada mobil Anda. (Oleh: Anita Nur Fitriany)

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat