Keseimbangan Vertikal dan Horisontal #RamadhanSeries7

Islam merupakan agama yang sempurna sekaligus mengajarkan keseimbangan yang sempurna. Salah satunya diwujudkan melalui konsep “habluminallah” dan “habluminannas”, yang diterjemahkan secara bebas menjadi menyempurnakan keseimbangan hubungan. Yaitu, antara manusia dengan Allah SWT (vertikal) dan hubungan antara manusia terhadap sesama, baik dari sisi sosial, ekonomi, politik, budaya dan lain sebagainnya, maupun lingkungan hidup (horisontal). Hal ini menandakan bahwa manusia, selain harus memperhatikan hubungan spiritual dengan Sang Pencipta, juga harus menjaga kebaikan hubungan baik terhadap sesama maupun lingkungan sekitarnya. Keduanya mesti berjalan seiring sejalan.

Dalam dunia pemasaran, kedua hal ini pun mesti dijaga, yaitu menjaga hubungan baik dengan pelanggan/calon pelanggan, baik melalui saluran digital maupun non digital/tradisional. Hal ini adalah sebuah keniscayaan. Bahwa, saluran pemasaran, baik digital (banyak diterjemahkan sebagai kegiatan pemasaran online) maupun tradisional (banyak diterjemahkan sebagai kegiatan pemasaran offline) harus dijalankan bersamaan tanpa jeda/seamless.

Keduanya mesti dihadirkan secara bersamaan, sehingga pelanggan/calon pelanggan dapat menerima pengalaman yang menyenangkan saat berhubungan dengan sebuah merek/brand, baik secara online maupun offline yang saling bersinergi dengan baik. Sinergi berkualitas yang juga dikenal dengan istilah omnichannel ini akan menghadirkan pengalaman yang tidak terlupakan bagi pelanggan, sehingga berpotensi menciptakan pelanggan yang loyal alias advocate customer.

Tentu, kehadiran pelanggan loyal akan menjadi modal yang sangat baik untuk mendukung pertumbuhan merek/brand secara berkualitas dan berkelanjutan. Nah … mari segera bergegas mempersiapkannya. Online dan offline adalah sebuah kesatuan yang tak terpisahkan.

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat