Kemampuan yang Dibutuhkan Seorang Content Marketer

Di era pemasaran digital, semua perusahaan berlomba-lomba untuk menciptakan content yang menarik perhatian audience. Persaingan pun semakin ketat. Untuk itu, seorang marketer dan pembuat konten harus memiliki kemampuan untuk bersaing dan beradaptasi.

Dengan demikian, untuk membuat content marketing tidak cukup hanya sekedar bisa menulis saja, tetapi dibutuhkan kemamuan lain yang mendukung marketer untuk menerjang pasar yang berkembang dengan pesat.

Setidaknya ada beberapa hal yang wajib dimiliki seorang yang berprofesi di ranah content marketing, diantaranya :

  1. Pemahaman Ilmu Pemasaran

Walaupun berbeda dengan pemasaran konvensional, namun content marketing tetaplah berakar dari pemahaman marketing. Untuk itu, pembuat konten pemasaran perlu memahami unsur-unsur yang berhubungan dengan ilmu pemasaran. Misalnya wawasan terkait branding, PR, analisis, UI, UX dan lain-lain. Dengan demikian konten yang diciptakan akan lebih efektif, strategis serta mencapai tujuan pemasaran yang dikehendaki.

  1. Kemampuan Menulis

Tentu sebagai pembuat content marketing, Anda perlu memiliki kemampuan menulis yang baik. Oleh karenanya, pengetahuan dasar seperti pengetahuan dasar penulisan, penggunaan bahasa dan kaidah EYD dibutuhkan oleh penulis konten. Mereka berperan penting dalam menciptakan kualitas dari pesan konten tersebut.

  1. Mampu Menciptakan Judul yang Menarik

Beberapa studi mengungkapkan, pembaca cenderung membaca judul tetapi tidak membaca isi. Sehingga, judul dan headline sangat berpengaruh pada sebuah konten. Pakar marketing Neil Pater bahkan menyatakan penulis menghabiskan 50% waktu penulisan untuk menciptakan judul yang kuat. Dengan demikian, pembuat content marketing juga perlu memperhatikan judul agar terkesan menarik dan menggoda untuk dibaca. Penulisan judul juga disarankan tidak lebih dari 65 karakter agar tidak terpotong pada tampilan dimesin pencari.

 

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat