Kejadian-kejadian Menarik Sepanjang Gelaran MotoGP Mandalika

Seri balap kedua MotoGP sukses digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, pada hari Minggu (20/3/2022). Sempat ditunda dua jam lebih karena hujan badai, MotoGP Mandalika berlangsung dalam 20 putaran dari seharusnya 27.

Rider Red Bull KTM, Miguel Oliveira, menorehkan sejarah baru sebagai orang pertama yang naik podium tertinggi di Sirkuit Mandalika. Pembalap yang terkenal jago di trek basah itu mampu mengatasi rider asal Perancis, Fabio Quartararo, yang finish di urutan dua serta Johann Zarco yang sama-sama berasal dari Perancis finish di posisi tiga.

Integriti merangkum beberapa hal menarik yang terjadi selama gelaran MotoGP Mandalika. Yuk scroll ke bawah untuk mengetahuinya.

  1. Dedikasi Kemenangan
MotoGP Mandalika
instagram/@richman_taye

Saat sesi wawancara, juara MotoGP Mandalika, Miguel Oliveira, mendedikasikan kemenangannya kepada sejumlah orang yang dianggap berperan dibalik keberhasilannya. Selain seluruh personil tim Red Bull KTM, ada satu sosok lagi yang ia sebutkan yakni Risman. Risman merupakan salah satu staf hotel tempat ia menginap di Lombok. Menurutnya, Risman tak hanya memberinya semangat, tapi juga mendoakannya agar bisa menang dalam balapan kali ini. Kebaikan dan support itu memberikan kesan tersendiri bagi pembalap 27 tahun.

  1. Alami Gegar Otak, ‘The Baby Alien’ Gagal Beraksi

Nasib kurang beruntung dialami rider andalan Repsol Honda, Marc Marquez. Terhitung tiga kali Marquez alami kecelakaan sejak latihan bebas digelar. Puncaknya, saat sesi pemanasan sebelum race dimulai, pembalap asal Spanyol mengalami kecelakaan horror yang membuat dirinya terpelanting dari atas motor. Kejadian tersebut menyebabkan Marquez mendapatkan perawatan yang membuat dirinya gagal balapan di Mandalika.

Menurut diagnosa dokter yang menangani kondisi Marquez, juara dunia MotoGP …. itu mengalami gegar otak ringan. Atas rekomendasi tim dokter, Marquez segera diterbangkan ke Barcelona untuk mendapatkan perawatan lebih intensif.  

  1. Aleix Espargaro Tepati Janji

Rider tim Aprilia, Aleix Espargaro, menepati janjinya untuk memberikan helmnya kepada penonton di tribun. Penonton yang beruntung mendapat helm itu pun langsung viral di media sosial.

Aleix sempat berjanji di akun Instagram pribadinya bahwa dia akan memberikan helmnya jika netizen Indonesia bisa membantunya memperoleh 1 juta followers di Instagram sebelum balapan dimulai. Tak butuh waktu lama, kurang dari 24 jam akun Instagram @aleixespargaro sudah menembus 1 juta pengikut.  

  1. Petir Menyambar Lintasan

Sambaran petir terekam saat siaran langsung MotoGP Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kilatan petir diikuti letupan api di sisi pinggir sirkuit. Video saat petir menyambar ini diunggah akun Instagram resmi @Motogp. Dalam caption dituliskan ‘Luckily, the weather conditions cooled off and allowed us to race!’.

  1. Viral Aksi Pawang Hujan

Ini mungkin hal paling menarik dari gelaran MotoGP Mandalika. Balapan sempat ditunda karena hujan sangat deras mengguyur sirkuit. Dalam guyuran hujan, tiba-tiba muncul seseorang yang kemudian diketahui merupakan pawang hujan. Dia berjalan begitu percaya diri di area pit sambil melakukan ritual ‘memindahkan awan hujan’. Sontak aksi pawang hujan ini mendapat banyak perhatian dari penonton sampai pembalap. 

Tentu hal ini jarang kita temui di berbagai seri balap MotoGP sebelumnya. Sampai-sampai, aksi si pawang hujan ini ditiru oleh Fabio Quartararo yang menjadi viral di sosial media. 

Itulah beberapa kejadian menarik yang terjadi selama balapan. Usai sudah rangkaian seri MotoGP Mandalika 2022. Sampai bertemu di tahun depan, dengan cerita yang jauh lebih menarik!

Photo: news.detik.com

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published.

WhatsApp chat