Kalender Tertua di Dunia Berusia 10 Ribu Tahun

Beberapa waktu lalu para arkeolog menemukan “kalender” lunar tertua di dunia di sebuah tanah lapang di Aberdeenshire, Skotlandia. Ekskavasi di lapangan yang terletak di halaman sebuah kastil, Crathes Caste menemukan 12 lubang yang diduga sengaja dibuat meniru fase Bulan. Tim yang dipimpin University of Birmingham menunjukkan, kalender berupa monumen kuno itu diciptakan oleh manusia pemburu dan peramu pada masa sekitar 10.000 tahun lalu. Zaman Batu.

 

Lubang keselarasan yang ada di Warren Field — nama lapangan itu — kali pertama diekskavasi pada 2004 lalu. Namun, baru 6 bulan terakhir data dianalisi secara rinci. Para ahli yang menganalisis mengatakan, pada masa lalu lubang-lubang itu mungkin berisi tongkat kayu.

 

Kalender Mesolithic di Skotlandia diyakini berusia ribuan kali lebih tua daripada monumen pengukur waktu yang dibangun di Zaman Perunggu Mesopotamia. Analisis tersebut dipublikasikan dalam jurnal Internet Archaeology.

 

Lubang keselarasan juga sejalan dengan matahari terbit di tengah musim dingin, yang menyediakan “koreksi astronomi” tahunan bagi para pemburu dan peramu agar bisa mengikuti perjalanan waktu dan perubahan iklim. Atau dengan kata lain, memungkinkan kalender lunar bisa dikalibrasi ulang setiap tahun agar sejalan dengan tahun matahari.

 

Situs di Warren Field kali pertama ditemukan saat pola tanaman yang tak biasa diketahui dari udara oleh lembaga arkeologi dan sejarah, Royal Commission on the Ancient and Historical Monuments of Scotland (RCAHMS). (dari berbagai sumber)

 

 

——————————–

 

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat