Jujur dan Terpercaya #RamadhanSeries6

Karena sifatnya yang jujur dan mampu memegang amanah, Nabi Muhammad SAW diberi gelar Al Amin yang artinya “terpercaya”. Berbekal sifat jujur dan amanah tersebut, Nabi Muhammad SAW mendapat kepercayaan untuk menyelesaikan berbagai persoalan sosial yang hadir pada masa itu.

 

Dewasa ini, terutama dalam era digital yang sangat terbuka, maka kejujuran dan kepercayaan menjadi “modal penting” untuk meraih kesuksesan dalam berbagai hal. Sebagai contoh, dalam memasarkan suatu barang dan jasa, tenaga pemasar harus jujur memberi informasi seputar produk dagangannya. Tidak perlu secara bombastis memberikan promosi yang berlebihan, atau bahkan “berbohong” hanya untuk sekedar mendapatkan penjualan atau pencapaian target.

 

Sekali saja seorang tenaga pemasar berbuat “lancung”, maka warganet –berkat kemudahan dan kemajuan teknologi digital – akan sangat mudah mengetahui kebohongan tersebut. Dampaknya tentu sangat jelas, yaitu kepercayaan warganet akan melorot drastis. Lebih dari itu, ketidakpercayaan warganet akan sangat mudah ditularkan kepada warganet lainnya, yaitu melalui komunikasi melalui media sosial maupun perangkat/aplikasi percakapan berbasis digital. Tentu saja hal ini akan menjadi “musibah” nyata bagi tenaga pemasar, termasuk barang dan jasa yang dijajakannya.

 

Jadi, ketimbang berbohong, sampaikan saja secara jujur. Sampaikan kelebihan dan kekurangan yang ada. Bukankah tidak ada sesuatu yang sempurna di dunia ini? Dan ketahuilah, kejujuran yang dilandasi niat baik merupakan nilai-nilai kemanusiaan yang saat ini sangat dicari banyak orang. Mengapa? Karena saat ini nilai-nilai kemanusian sudah menjadi sesuatu yang berangsur langka. Kelangkaan inilah yang akan menjadi “pembeda” barang dan jasa Anda.

 

Ingatlah selalu bahwa produk yang dibutuhkan tidak selalu produk yang “super”, melainkan produk yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Jadi promosikanlah ketepatan spesifikasi barang dan jasa kita sesuai dengan kebutuhan mereka. InsyaAllah!

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat