Jok Mobil ‘Ajaib’ Antisipasi Serangan Jantung

Serangan jantung merupakan salah satu penyakit yang memiliki dampak yang berbahaya hingga berujung pada kematian. Bahkan, penyakit ini memiliki angka kematian tertinggi di dunia. Para dokter, serta peneliti pun mencari berbagai upaya untuk membuat sebuah alternatif bagi penderita serangan jantung. Mulai dari obat generik, bahkan hingga terapi.

Pengembangan terapi pun juga sering digunakan oleh para peneliti untuk mengurangi potensi terkena serangan jantung secara tiba-tiba. Perkembangan terapi dilakukan dengan cara membuat sebuah inovasi yang diaplikasikan melalui media jok mobil. Salah satu produsen mobil ternama di Amerika Serikat dan salah satu perguruan tinggi di Jerman, Aachen University Rheinisch – Westfalische Technische Hochschule membuat temuan tersebut dan yakin akan temuannya dapat menarik hingga pasar dunia di masa yang akan datang.

Pasalnya, temuan jok ajaib tersebut aman digunakan oleh pengemudi yang memiliki penyakit jantung.  Bagaimana tidak, jok anti serangan jantung ini dilengkapi dengan sensor elektrocardiograph (ECG) yang berfungsi sebagai pendeteksi detak jantung pengemudi saat bergerak tidak beraturan. Meski demikian, ECG yang terdapat dalam jok mobil ini berbeda dengan ECG pada umumnya yang terdapat di rumah sakit dimana ECG tersebut dilengkapi dengan metal elektroda yang memungkinkan harus berkontak langsung dengan kulit pasien. Sedangkan, ECG pada jok mobil produksi Amerika Serikat tersebut tidak perlu melalui kontak langsung oleh kulit tubuh pengemudi.

Selain itu, pada jok mobil ini pun dilengkapi dengan sebuah kamera yang berfungsi sebagai monitoring posisi duduk pengemudi. Jok anti serangan jantung, serta kamera di bagian depan pengemudi dihubungkan melalui sebuah prosesor untuk mengaktifkan sistem kemudi dan rem otomatis ketika pengemudi mengalami serangan jantung dadakan untuk menghindari terjadinya kecelakaan. Selain driveless, mobil ini pun dilengkapi fitur pengaduan layanan medis yang dapat digunakan apabila pengemudi menghadapi situasi yang darurat.

Untuk melihat akurasi pada temuan tersebut, produsen mobil serta Aachen University melakukan test pada jok mobil. Setelah dicoba, ternyata jok mobil anti serangan jantung tersebut memiliki nilai keakuratan hingga 95 persen. Pengembangan teknologi ini terus dilakukan oleh para teknisi dari produsen mobil agar sistem ini dapat terintegrasi dengan smartphone sebagai penunjang kinerja sistem keamanan kendaraan. Koneksi antara smartphone dengan jok anti serangan jantung ini disambungkan pada sistem Ford Sync dan MyFord, dimana sistem Sync memiliki fungsi sebagai Emergency Assistance yang dapat menginformasikan bahaya secara langsung.

Sayangnya, jok ajaib tersebut belum mulai diproduksi secara massal dikarenakan masih dilakukan pengembangan sistem, serta membutuhkan waktu paling sedikit selama lima tahun untuk menjadikan teknologi ini cukup matang untuk digunakan secara massal. Rencananya, teknologi tersebut akan mulai diproduksi pada 2020. Bagi konsumen yang ingin merasakan sensasi kesehatan saat mengemudi dengan menggunakan jok tersebut juga akan dikenakan biaya tambahan yang lebih mahal. (Oleh: Anita Nur Fitriany)

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat