Jangan Berbohong Ya! #Series 11

Secanggih apapun kita menyembunyikan kebohongan, maka dapat dipastikan suatu saat nanti (cepat atau lambat) warganet akan mengetahuinya. Apalagi dalam era digital yang serba transparan, sebuah kebohongan dapat terdeteksi secara cepat. Hal ini tentunya akan sangat merugikan.

Sebaliknya, sangat dianjurkan untuk menghadirkan kejujuran sebagai komponen komunikasi antara kita dengan warganet. Seburuk apapun kondisi yang ada, ada baiknya kita menyampaikannya kepada warganet. Terutama apabila kondisi tersebut terjadi karena pengaruh dominan faktor lain, dimana kita tidak memiliki kemampuan untuk mengatasi maupun mencegahnya. Hal ini tentu diharapkan mampu menumbuhkan pemahaman sekaligus memelihara kepercayaan warganet.

Ada kalanya kejujuran yang kita sampaikan, meskipun pahit, dapat berbalik menjadi sebuah “berkah tersendiri”. Sebagaimana telah dibahas sebelumnya, merek/brand yang baik adalah brand yang memiliki sifat-sifat kemanusiaan yang kuat, diantaranya adalah “ketidaksempurnaan”.

Ketidaksempurnaan ini tentunya akan dapat dimaklumi warganet, sepanjang kita memiliki dan menunjukkan sikap untuk memperbaikinya sepenuh hati.  Bukankan tidak ada gading yang tak retak? Jadi, tidak perlu khawatir mengungkapkan kelemahan atau ketidaksempurnaan kita, selama kita bertekad memperbaikinya.

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat