Jalur Kereta Trem Hijau nan Asri di Eropa

Jika umumnya jalur kereta api dihiasi dengan bebatuan dan beton disekelilingnya, lain halnya dengan pemandangan berbeda yang bisa dilihat jika kita berada di Eropa. Dimana, sejumlah jalur kereta di Eropa justru dihiasi dengan rumput-rumput, sehingga suasananya terlihat hijau, asri dan ramah lingkungan.

Kota-kota di Eropa terkenal dengan penataan kota yang rapi dan memiliki kekhasan tersendiri, seperti adanya penataan ruang-ruang hijau yang berada di tengah kota. Salah satu ruang hijau unik tersebut yakni penanaman rumput di setiap jalur kereta trem.

Beberapa kota di Eropa, rupanya telah memiliki jalur kereta trem yang ditumbuhi rumput. Awalnya, ide untuk menanam rumput disekitar jalur kereta trem ini dimulai sejak tahun 1980. Pada waktu itu, banyak kota di Eropa menginginkan kota yang hijau dan memiliki udara yang bersih.

Dari ide itulah, akhirnya banyak kota di Eropa yang membuat taman-taman kota serta jalur-jalur keretanya pun juga sengaja ditumbuhi dengan rumput. Beberapa kota yang sudah memiliki jalur kereta tram hijau antara lain Barcelona, Brussels, Frankfrut, Milan, Freiburg di Jerman, St-Eitienne dan Strasbourg di Perancis.

 

Green Living

Nyatanya, dengan adanya rumput-rumput tersebut memang memberikan sejumlah manfaat terhadap lingkungan. Antara lain, mengurangi efek panas perkotaan, mengurangi polusi serta menyerap kebisingan yang dihasilkan karena beradunya logam lintasan dengan roda trem, tempat penyerapan air alami dan memberikan pemandangan yang sejuk. Misalnya, seperti pada kereta rute 39 yang terdapat di Brussels, Belgia. Jalur kereta trem yang terlihat sangat hijau dan bersih ini, benar-benar tepat berada di samping jalan raya di tengah kota, tanpa dilengkapi pembatas pagar di dekatnya.

Selain di Brussels, sama pula halnya dengan kondisi serupa di kota Freiburg, Jerman. Dimana jalur kereta hijaunya juga berada dipinggir jalan, ditengah kota, tanpa ada pembatas. Di samping sebagai alat transportasi, rel kereta trem hijau ini juga menjadi perhatian bagi wisatawan yang berkunjung di kota tersebut.

Sebagai contoh lainnya, yakni jalur trem hijau di Barcelona, Strasbourg, dan Frankfurt yang masuk menjadi 25 Contoh Desain Perkotaan Baik oleh Majalah Monocle. Di situ tertuliskan bahwa ada sesuatu yang ajaib dengan hanya melihat trem melaju di Barcelona. Trem-trem tersebut seakan-akan bergerak di atas sebuah karpet hijau yang indah. Hal ini, memperlihatkan bahwa masyarakat Eropa dapat menjalani sebuah kombinasi menarik dari sebuah transportasi publik yang efisien, dan tentunya sesuai standar green living.

Jalur rel kereta hijau ini, otomatis akan membuat penumpang trem memiliki pengalaman yang lebih baik saat memanfaatkan waktu bepergian, yaitu dengan melihat pemandangan yang menyegarkan mata di tengah-tengah kesibukan perkotaan. Sungguh sebuah konsep disain yang sangat luar biasa dan mampu menciptakan kondisi lingkungan yang lebih ramah terhadap serangan global warming. Diharapkan, ke depannya tak hanya kota-kota di Eropa saja yang mampu menciptakan kondisi transportasi hijau ini, namun kota atau negara di belahan benua lain juga turut menghadirkan konsep atau ide “hijau” lainnya.

(Oleh: Abdullah Baradja)

 

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat