Jalan Baldwin, Jalan Tercuram di Dunia

Di Selandia Baru, ada jalan yang sangat curam bahkan menjadi jalan tercuram di dunia, yaitu Baldwin Street atau Jalan Baldwin.

Jika berkunjung ke Selandia Baru, maka sebaiknya sempatkan diri untuk datang ke sebuah jalan bernama Jalan Baldwin. Sebuah jalan di ujung utara Dunedin yang tercatat dalam Guiness Book of Records sebagai jalan tercuram di dunia.

Bagaimana tidak? Kemiringan jalan di Jalan Baldwin yang panjangnya 350 meter ini mencapai 1:2.86 atau 38°. Artinya, setiap 2,86 meter horizontal perjalanan, naik satu meter. Untuk bagian bawah jalan tersebut tidak terlalu curam dan permukaannya telah diaspal. Namun, pada bagian atas jalan merupakan jalan buntu yang sangat curam serta terbuat dari beton.

Walaupun jalan buntu, Jalan Baldwin terhubung di atas dengan jalan ke Jalan Calder Ave dan Arnold. Jalan-jalan yang paralel dengan Jalan Baldwin semuanya juga curam, seperti Jalan Arnold (1:3,6), Dalmeny (1:3,7), dan Calder Ave (1:5,4).

Festival Tahunan Jalan Baldwin

Konstruksi tanahnya yang curam, membuat warga Dunedin menyelenggarakan berbagai acara yang cukup menyedot perhatian. Salah satunya ialah acara yang dikenal dengan Baldein Street Gutbuster dan diadakan pada setiap musim panas. Acara yang telah berlangsung sejak 1988 ini merupakan acara pelatihan keseimbangan. Peserta yang terlibat pada acara ini harus berlari dari ujung bawah jalan menuju ke atas, kemudian kembali ke bawah. Acara ini selalu berhasil menarik ribuan pesaing per tahun.

Pergelaran lainnya yang tak kalah terkenal di Jalan Baldwin adalah Jaffa Race. Jaffa Race adalah perlombaan coklat atau permen Cadbury yang berbentuk bulat dan digulingkan dari bagian atas Jalan Baldwin hingga menuju dasar jalan. Setiap permen diberi nomor untuk mengetahui siapa pemiliknya. Jaffa Race diadakan tiap tahun dan melibatkan lebih dari 30.000 Jaffas. Dalam acara ini juga terdapat penggalangan dana untuk kepentingan amal.

Serasa Mendaki Gunung

Warga Jalan Baldwin sudah terbiasa dengan jalan super curam ini. Beberapa warga berhasil mengurangi berat badan karena bolak-balik di jalan tersebut hampir 30 kali dalam sehari. Hal ini dikarenakan jika kita berjalan di jalan ini seperti mendaki gunung. Dibutuhkan sekitar sepuluh menit untuk berjalan sekitar 350 meter di jalan ini. Tapi jangan khawatir, ada air mancur yang dapat diminum di atas Jalan Baldwin.

Terkenalnya jalan ini membuat para pelancong banyak berkunjung dan menetap di Jalan Baldwin. Kita bisa bertemu dengan turis dari beberapa negara yang berbeda. Apalagi jika sedang ada festival tahunan seperti Baldein Street Gutbuster dan Jaffa Race.

Tetap Berhati-hati

Jalannya yang curam membuat Jalan Baldwin ini pernah memakan korban. Tragedi itu terjadi pada 2001, seorang mahasiswa University of Otago berusia 19 tahun meninggal ketika sedang menuruni jalan ini dengan wheelie bin (sebuah tempat sampah beroda) bersama temannya. Ia tabrakan dengan sebuah trailer yang sedang diparkir dan tewas seketika.

(Oleh: Novita Puspa)

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat