Jaga Hutan Agar Tetap Lestari Bisa Dimulai dari Diri Sendiri!

Hari Hutan Sedunia diperingati setiap tanggal 21 Maret. Perayaan ini ditetapkan secara internasional melalui resolusi Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 2012 dengan tujuan mendorong semua negara anggota melakukan hal-hal yang berkaitan dengan pelestarian hutan.

Memahami hutan dan menjaganya tetap lestari sangat penting untuk masa depan manusia, iklim, serta margasatwa. Kita bergantung pada hutan untuk kelangsungan hidup ke depan. Bayangkan jika populasi dunia akan meningkat menjadi 8,5 miliar pada 2030 dan semuanya memanfaatkan hutan untuk mata pencaharian, obat-obatan, bahan bakar, makanan hingga tempat tinggal. Padahal, kini hutan di seluruh dunia bahkan di Indonesia sedang dalam keadaan kritis dan tidak baik-baik saja.

Pada perayaan hari kehutanan sedunia, dapat memberikan peluang besar bagi semua orang untuk belajar lebih banyak tentang kontribusi mereka dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Banyak hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk melindungi dan melestarikan hutan. Misalnya, dengan memulai menanam pohon di lahan gundul, memilah sampah di rumah, bawa tumblr atau botol minum sendiri, berhemat menggunakan kertas atau membuat pembatas buku sendiri dari kertas bekas dan membawa kantong belanja sendiri dari rumah.

Hal-hal ini adalah langkah kecil yang nantinya bisa berdampak besar pada keberadaan hutan. Menjaga hutan tetap lestari adalah wujud cinta kita kepada bumi. Integritiers, sudah lakukan apa untuk menyelamatkan hutan kita pada Hari Hutan Sedunia kali ini?

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat