Ingin Sehat? Ayo Atur Pikiran!

Ternyata pikiran kita sangat berpengaruh terhadap kesehatan kita. Untuk itu, manajemen pikiran sangat diperlukan untuk hidup yang sehat.

Secara ilmiah, ahli kesehatan menjelaskan beberapa penyakit yang disebabkan oleh pikiran manusia. Pasalnya, masalah yang terlalu membebani pikiran membuat tubuh kita mengeluarkan terlalu banyak energi yang bisa menurunkan daya tahan tubuh. Turunnya daya tahan tubuh ini, maka akan menyebabkan mudahnya gangguan kesehatan. Ketika ada orang yang sedang sakit, biasanya dokter menyarankan untuk istirahat dan tidak boleh banyak berpikir terlebih dahulu. Termasuk untuk tidak memikirkan kapan sembuh. Sebab, jika tubuh kita sedang sakit dan otak memikirkan kapan sembuh maka hal tersebut menjadi beban pikiran yang membuat kita menjadi semakin lama sembuh.

Untuk itu, menjaga pikiran menjadi salah satu cara membantu tubuh cepat sembuh dari penyakit. Cara yang paling ampuh adalah dengan selalu mengucapkan kata-kata positif yang menghiburnya seperti, “Hari ini kamu terlihat lebih sehat.” Dengan kalimat ini tentu pikiran akan termotivasi untuk menjadi bersemangat dan sembuh. Semangat tersebut kemudian memberikan respon positif kepada tubuh sehingga dapat membantunya cepat pulih.

Bukan hanya dalam keadaan sakit, namun setiap hari kita sebenarnya dituntut untuk cepat mengatasi permasalahan dalam menjalani kehidupan yang membuat pikiran kita tertekan. Namun, masalah tidak dapat dihindari, tapi harus diselesaikan. Menghindari masalah itu sama dengan menunda waktu untuk menghadapinya. Setiap masalah yang dihadapi butuh jalan keluar atau solusi. Pikiran yang jernih diperlukan untuk mendapatkan solusi terbaik. Pikiran yang sedang terbebani tidak akan bisa memunculkan solusi yang tepat. Biasanya justru akan menimbulkan stres dan sakit kepala. Bahkan, orang yang sadar dia sedang stres dampak negatifnya berlipat ganda pada tubuh.

Manajemen Pikiran

Untuk bisa mendapatkan solusi atau jalan keluar dari setiap masalah yang kita hadapi maka perlu dilakukan manajemen pikiran. Manajemen merupakan seni dalam mengatur pikiran. Manajemen pikiran ini akan menjadikan pikiran kita sedikit lebih tertata dan positif dalam menjalani hidup sehari-hari. Berikut ini ada beberapa tips dalam menata pikiran melalui manajemen pikiran;

Yakin

Kita harus yakin terhadap diri kita sendiri bahwa kita mampu menghadapi permasalahan yang ada dan menemukan jalan keluarnya. Keyakinan menjadi tameng utama pikiran agar kita dapat dengan mudah menyelesaikan masalah. Dengan keyakinan yang kuat terhadap diri sendiri, maka kita akan langsung mencari solusi dan tidak berlarut-larut memikirkannya. Jadi kita lebih fokus solusi sehingga energi kita tidak habis kepada masalah.

Positive thinking

Berpikirlah positif, maka ungkapan kita pun akan baik. Namun, terkadang pikiran yang penat dan tertekan tidak bisa menutupinya, maka kita bisa mengucapkan kalimat-kalimat yang baik agar pikiran tersugesti menjadi positif. Untuk berpikir positif, tentu kita harus menjauhi dari kata-kata negatif. Bukan hanya kata-kata, kita juga harus menjauhi musik-musik yang liriknya terlalu berlebihan dan menjatuhkan diri sendiri.

Curahan Hati (Curhat)

Jika kita sedang dihadapi masalah yang tidak bisa kita cari solusinya seorang diri, maka jangan paksakan diri, sebab kita dapat curhat atau sharing kepada teman terdekat. Teman curhat pun harus dipilih yang dapat dipercaya dan dapat diandalkan dalam memberikan solusi dan dapat memberikan pertimbangan positif dan objektif.

Dekati Maha Pencipta

Terkadang kita sering merasa segalanya sangat sulit untuk dihadapi. Bahkan, teman-teman dan keluarga pun tidak mengerti terhadap keadaan kita. Maka, berhentilah sejenak dan dekati Tuhan Maha Kuasa. Mintalah agar kita dikuatkan dan dimudahkan dalam menghadapi masalah.

Manajemen pikiran sebenarnya hanyalah solusi sederhana yang kita dapat lakukan setiap saat. Sebab, pikiran yang tidak dikelola dengan baik akan menjadi kusut. Dampaknya bisa memperburuk kesehatan. Untuk itu, mari perbaiki dan atur pikiran kita agar hidup kita lebih sehat dan bahagia pastinya.

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat