Indahnya Alam Danau Toba

Jika Anda ke Sumatera Utara sepertinya tidak lengkap jika tidak singgah ke Danau Toba. Dengan keindahan alamnya yang mempesona, tidak salah jika Danau Toba menjadi ikon pariwisata Sumatera Utara.

Danau yang terletak di Sumatera Utara ini merupakan salah satu danau vulkanik terindah yang dimiliki Indonesia. Bagaimana tidak, Danau Toba memiliki perpaduan suasana udaranya sejuk menyegarkan, hamparan air jernih membiru, dan pemandangan mempesona. Danau Toba adalah danau teluas di Asia Tenggara, dan terbesar kedua setelah Danau Victoria di Afrika.

Di tengah Danau Toba, terdapat sebuah pulau yang bernama Pulau Samosir. Disini terdapat sebuah desa yang memiliki banyak objek wisata menarik seperti Makam Raja Sidabutar, Museum Batak dan pertunjukan tari boneka Sigale-gale yang populer. Tak hanya itu, Danau Toba juga dikelilingi oleh hutan pinus dan beberapa air terjun dan juga pemandian air hangat di dalam hutan. Pemandangan di sekeliling danau ini sangat indah dengan udara yang relatif sejuk sehingga Anda akan betah berlama-lama di sini.

cr: Kompas

Setiap tahun diadakan Festival Danau Toba yang digelar antara bulan Agustus – September. Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama pemerintah daerah Sumatera Utara dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Krestif. Di festival ini diselenggarakan beragam pertunjukan seni budaya serta lomba bagi masyarakat, mulai dari pertunjukan tari hingga lomba perahu hias. Disini Anda akan menemukan beragam kuliner lezat dan tentunya bermacam kain ulos yang cantik.

Untuk menuju ke Danau Toba lokasi terdekat yang dapat diakses dengan kendaraan umumya itu kota Parapat, Simalungun. Jika berangkat dari Medan, Anda bisa menaiki bus jurusan Parapat. Perlu waktu sekitar 6 jam perjalanan untuk menempuh Medan menuju Parapat. Dari Parapat, keindahan Danau Toba sudah bisa Anda saksikan. Dan jika Anda ingin singgah ke Pulau Samosir, Anda bisa menyeberang dengan menggunakan kapal feri dari Pelabuhan Ajibata menuju Tuktuk, Samosir.

Singgah disini rasanya tidak lengkap tanpa berbelanja suvenir. Disekitar kawasan Danau Toba terdapat banyak toko suvenir yang menjual kain ulos, gitar khas Batak, kaos, gantungan kunci dan beraneka suvenir lainnya. Suvenir-suvenir ini banyak Anda temui di Pulau Samosir, Parapat, Balige dan tempat-tempat lain sekitar Danau Toba.

 

Integriti Publishing

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat