Hilangkan Rasa Malas Dalam Bekerja

Dalam menjalani rutinitas pekerjaan, kita selalu dituntut profesional. Namun, terkadang rasa malas datang merasuki pikiran sehingga menurunkan semangat untuk melakukan pekerjaan. Pada akhirnya, berdampak pada kualitas kinerja yang tidak profesional. Hal tersebut harus ditangani sedini mungkin agar tidak terjadi secara belebihan.

Rasa malas sebenarnya hanyalah mental block yang dimiliki oleh setiap manusia yang dapat menghambat kemajuan dalam menggapai impian. Bahkan, buruknya malas dapat membuat Anda stuck meski melihat kesempatan terbuka lebar. Oleh karena itu, seandainya tidak tertangani segera, penyakit malas ini dapat menggerogoti bangunan masa depan anda. Pahamilah bahwa rasa malas itu ibarat sebuah penyakit setiap orang yang harus disembuhkan.

Positive Thinking

Karena rasa malas merupakan sebuah mental block, maka cara menghilangkanya pun harus dengan selalu berfikir positif. Trik mudah yang dapat Anda lakukan mengikis rasa malas ialah mengucapkan kata-kata positif untuk diri Anda di setiap pagi. Hal tersebut agar diri anda terbiasa mengisi pemikiran fresh dengan hal-hal yang baik. Sehingga bersemangat dalam beraktivitas.

Selain itu, usahakan anda menanamkan memotivasi diri bahwa orang bersemangat. Dengan dorongan tersebut, maka secara otomatis diri Anda akan terstimulus bersemangat melakukan pekerjaan.

Catat Target!

Target merupakan tujuan besar dari semua pekerjaan yang menjadi rutunitas. Jika dikutip dari Prof. Dr. Buya Hamka bahwa “Jika hidup sekedar hidup Babi di hutan juga hidup, Kalau bekerja sekadar bekerja Kera juga bekerja”. Oleh karenanya, buatlah target sesuai kemampuan diri. Adanya target, anda pasti terdorong untuk berusaha mencapainya.

Camkan pada diri anda bahwa target tersebut dapat terlampaui. Dengan demikian, rasa malas dapat terhapus dan anda akan merasa lebih bersemangat dan giat dalam melakukan pekerjaan. Usahakan target tercatat rapi dalam catatan dan pikiran anda.

Tentukan Benchmark

Penyebab rasa malas salah satunya adalah tidak adanya bandingan yang lebih sukses dari anda sebagai penyemangat. Maka dari itu, carilah sosok yang mampu menjaga semangat anda tetap membara. Bisa jadikan orangtua sebagai benchmark untuk menyemangati langkah kesuksesan anda.

Sementara untuk di lingkungan kerja, pilihlah salah satu sosok yang sukses sebagai motivasi agar lebih giat lagi dalam bekerja. Sehingga rasa malas Anda dapat memudar karena terbakar semangat untuk perubahan positif.

Selain cara di atas, rasa malas juga bisa diatasi dengan sederet tips berikut.

  1. Jangan menunda
  2. Hindari hal yang menyenangkan di pagi hari
  3. Hadiahi diri sendiri atas capaian
  4. Membuat jadwal harian per minggu
  5. Hidup teratur dengan pola hidup sehat dan rajin berolahraga

(Oleh: Candra Fivetya)

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat