Hijrah #RamadhanSeries5

Salah satu momentum penting dalam sejarah Islam adalah hijrah-nya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah. Peristiwa ini sekaligus menjadi titik awal dari perhitungan tahun Hijriah. Pergantian bulan pada tahun Hijriah dihitung berbasis pada siklus perputaran bulan berdurasi antara 29 hingga 30 hari. Sejatinya, inti dari hijrah adalah perpindahan dari sebuah kondisi yang kurang baik menuju kondisi yang lebih baik. Hijrah dilakukan Nabi Muhammad SAW dan sejumlah pengikutnya, disebabkan karena pada saat itu kondisi Kota Mekkah kurang mendukung/kondusif untuk penyebaran agama Islam. Sebaliknya, Kota Madinah memberi angin segar bagi pertumbuhan dan perkembangan Islam secara berkelanjutan.

Fenomena hijrah tentu tetap relevan dengan kondisi saat ini yang diwarnai oleh elemen-elemen disruptif. Hal ini tentu saja menyebabkan banyak pihak harus (mau tidak mau) melakukan perubahan alias shiting secara masif. Bahkan Renald Kasali secara serius telah membahas fenomena ini dalam sejumlah buku karyanya yang bertema disruption.

Hijrah atau shifting sangat diperlukan bagi kita yang “mentok” menghadapi fenomena perubahan, dimana kebanyakan disebabkan oleh laju teknologi yang berkembang sangat pesat. Pertumbuhan teknologi menyebabkan cara-cara lama/tradisional untuk meraih kesuksesan (atau bahkan hanya untuk sekedar bertahan hidup) tidak dapat dipertahankan. Menghadapinya, kita dituntut hijrah ke arah yang lebih kondusif untuk mewujudkan tujuan kita.

Oleh karenanya, untuk melakukan hijrah, kita dituntut memiliki sikap tangkas/agile terhadap ragam perubahan yang ada. Mengapa demikian? Karena saat ini perubahan berlangsung sangat cepat. Yang akan bertahan adalah yang mampu mengadaptasi dan bersikap agile menghadapi perubahan. Selain itu, intuisi yang kuat, kepandaian membaca arah perubahan, dan kecermatan memprediksi masa depan, menjadi kunci penting dari proses hijrah itu sendiri.

Nah warganet, mari kita sama-sama bersiap hijrah! Let’s do the great shifting!

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat