Hari Ulang Tahun ASEAN

Tahukah kita apa itu ASEAN? ASEAN adalah singkatan dari Association of Southeast Asian Nations, yang dalam bahasa Indonesia bisa diterjemahkan sebagai Asosiasi Negara-negara Asia Tenggara. ASEAN didirikan 8 Agustus 1967, di Bangkok, Thailand, setelah menandatangani Deklarasi Bangkok, atau yang sekarang lebih dikenal sebagai Deklarasi ASEAN. Deklarasi tersebut ditandatangani oleh 5 negara pendiri ASEAN, yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Selanjutnya, ASEAN berkembang seiring bergabungnya negara-negara lain seperti Brunei pada tahun 1984, Vietnam pada tahun 1995, Laos dan Myanmar pada tahun 1997, dan terakhir Kamboja pada tahun 1999. ASEAN merupakan organisasi yang bertujuan menciptakan perdamaian, keamanan, serta kerjasama ekonomi yang membangun antar negara anggotanya.

Tujuan dibentuknya organinasi ASEAN itu, sama halnya dalam dunia marketing yang bertujuan untuk menciptakan ekonomi dunia yang makmur. Negara berkembang seperti Indonesia, saat ini sedang bergerak menuju pada ekonomi digital. Melalui perkembangan teknologi yang pesat, diharapkan inovasi digital mampu membawa nilai positif terhadap kemakmuran yang berkesinambungan. Perkembangan digital telah mengubah berbagai bisnis model, salah satunya adalah bisnis ekonomi bersama yang dapat meningkatkan nilai dan pemanfaatan aset.

Menurut Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, pemerintah akan terus mendorong pengembangan sumber daya manusia dalam bidang digital agar fenomena teknologi informasi dan komunikasi dapat memberikan manfaat bagi pertumbuhan UKM. Upaya yang telah dilakukan adalah dengan meningkatkan literasi dan adopsi digital, serta memberikan dukungan bagi sistem inovasi yang nantinya dapat memberikan manfaat maupun perbaikan. Penetrasi internet masyarakat saat ini cukup tinggi, yaitu mencapai 54,68 persen atau sekitar 143 juta jiwa. Angka ini dapat menjadi kekuatan yang sangat besar, baik sebagai pasar maupun produsen di sektor digital. Persiapan tersebut sangat penting karena salah satu tantangan dari perkembangan teknologi digital adalah penggantian peran manusia oleh mesin.

Meskipun demikian, permintaan tenaga kerja yang memiliki keahlian dalam bidang digital juga sangat tinggi, sehingga mendorong industri berbasis “brainware” sangat dibutuhkan. Pengembangan talenta digital Indonesia menjadi krusial agar memiliki kompetensi yang relevan. Penting juga untuk mempersiapkan UMKM agar mendapatkan manfaat dari perkembangan ekonomi digital. Pastinya, komitmen bersama dengan seluruh pemangku kepentingan diperlukan dalam menghadapi tantangan di era digital. Perkembangan ekonomi berbasis teknologi informasi ini merupakan kerja sama lintas sektor, sehingga kolaborasi antara pemerintah dengan otoritas terkait maupun platform mutlak diperlukan untuk membawa ekonomi Indonesia yang makmur. Ekonomi digital yang hadir dan menjanjikan kemakmuran, akan membuat peluang bisnis terbentang lebar.

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat