HARI PERDAMAIAN INTERNASIONAL

Untuk menekan konflik dan menciptakan kehidupan damai, pada 21 September diperingati sebagai Hari Perdamaian Internasional atau International Day of Peace. Setiap tahunnya, Hari Perdamaian Internasional jadi momentum nih untuk merenungkan kembali tentang kondisi dunia. Berbagai konflik dan permasalahan dunia jadi bahan yang terus dikoreksi bersama agar tercipta masyarakat yang rukun.

Awalnya Hari Perdamaian Internasional sudah pertama kali digagas pada 1981, lho. Lalu pada 2001 dikukuhkan kembali supaya diperingati setiap tanggal 21 September melalui Resolusi Nomor 55/282. Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) lah yang menjadi pihak di balik ini semua.

Lembaga tersebut terus berupaya untuk merancang dan menjaga perdamaian dunia setelah selesainya Perang Dunia II. Peringatan ini sendiri didedikasikan untuk memperkuat perdamaian dunia, khususnya demi selesainya perang dan kekerasan.

Setiap tanggal 21 September, di Markas Besar PBB tepatnya di New York, Lonceng Perdamaian PBB dibunyikan sebagai tanda pembuka. Lonceng itu sendiri terbuat dari berbagai koin hasil sumbangan anak-anak seluruh benua kecuali Afrika yang jadi pengingat korban manusia sebagai dampak perang.

Saat ini, Indonesia sendiri sudah menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan (DK) PBB periode 2019-2020. Melalui keanggotaan tersebut, Indonesia punya tanggung jawab besar terkait perdamaian dan keamanan internasional. Jadi nantinya Indonesia dan 4 negara anggota tetap bersama 10 negara anggota tidak tetap akan menentukan hal apa saja yang menjadi ancaman dalam perdamaian dunia.

Tidak hanya pemerintah Indonesia saja yang punya peranan dalam menjaga perdamaian dunia. Kita sebagai masyarakat pun punya andil besar, dimulai dari tingkat kecil di keluarga dan lingkungan pertemanan. Sudah sepatutnya nih kita sebagai bangsa yang punya tingkat keragaman tinggi bisa menjaga kesatuan dan persatuan bangsa. Meskipun rentan konflik karena terdiri dari ratusan suku, kita harus mengedepankan kerukunan dan kemajemukan serta menjadi contoh sebagai negara yang damai.

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat