Hari Pengentasan Kemiskinan

Kemiskinan masih menjadi salah satu persoalan di negeri ini. Berdasarkan  data Badan Pusat Statistik (BPS), angka kemiskinan tercatat sebesar 9,41% dengan jumlah penduduk miskin sebesar 25,14 juta orang (Maret 2019). Dibandingkan tahun sebelumnya, angka kemiskinan mengalami penurunan sebesar 0,41% terhadap Maret 2018.

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) pun menyiapkan strategi sebagai langkah percepatan dalam pengentasan kemiskinan. Di antara langkah yang diambil adalah meningkatkan pendapatan masyarakat miskin dengan memberikan akses permodalan; mengembangkan keterampilan layanan usaha, kewirausahaan, dan kemitraan; serta meningkatkan kualitas produk dan akses pemasaran.

Akses modal dan pengembangan keterampilan wirausaha memang penting. Namun, jika tidak diiringi dengan keterampilan dalam pemasaran, bagaimana mereka dapat memperkenalkan dan memasarkan produknya di pasar?

Maka, pembekalan keterampilan marketing bagi masyarakat miskin tak ubahnya sebuah pencerahan untuk meraih kehidupan yang lebih baik. Dengan pemahaman yang baik, masyarakat bisa melakukan proses marketing secara efektif dan tepat sasaran sehingga produk ataupun usahanya dapat menempati posisi atau, bahkan menguasai pasar. Di Hari Pengentasan Kemiskinan ini, mari kita dorong langkah dan upaya Pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan di negeri ini. Berikan kontribusi kita, sekecil apa pun, untuk mengakhiri kemiskinan demi mengangkat harkat dan martabat saudara se-Tanah Air.

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat