Hari Pelanggan Nasional

Bagi perusahaaan-perusahaan Indonesia, tanggal 4 September diperingati sebagai Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas). Harpelnas yang dicanangkan sejak tahun 2003 lalu itu, merupakan apresiasi perusahaan kepada pelanggan. Hari tersebut merupakan para pelaku bisnis memberi perhatian khusus kepada para pelanggannya. Karena pada hari tersebut kita diingatkan jika kita harus memberikan pelayaanan yang dapat memuaskan para pelanggannya.

Begitu pula dalam dunia bisnis, tentunya perlu adanya pengelolaan hubungan yang baik dengan pelanggan. Salah satunya dengan membentuk relasi dengan para pelanggannya yang biasa disebut Customer Relationship Management (CRM). Menurut Kotler & Keller (2009:189), “CRM merupakan proses mengelola informasi rinci tentang masing-masing pelanggan, dan secara cermat mengelola semua titik sentuhan pelanggan demi memaksimalkan kesetiaan pelanggan”. Dengan demikian bagaimana kita dapat membangun kesetiaan pelanggan terhadap produk yang kita buat. Dan tentunya terus berupaya untuk memotivasi pelanggan, dan meminimalisir anggapan bahwa perusahaaan bukan lagi berorientasi pada produk (product-oriented), tetapi berorientasi pada pelanggan (customer-oriented).    Tidak itu saja, saat ini di era industri 4.0, dunia bisnis berubah begitu cepat. Dibutuhkan kreativitas dan ide-ide segar secara kontinyu yang mampu mengoptimalkan strategi pemasaran sebuah bisnis. Semua itu dilakukan untuk dapat meningkatkan kepuasan pada para pelanggan.

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat