Hari Ozon (Internasional)

Own, Other, and Outer

Ozon yang unsur kimianya ditulis O3 merupakan pelindung bumi dari berbagai hal, terutama dari sengatan panas radiasi sinar matahari. Kehadiran Ozon mampu meminimalisir dampak negatif yang ditimbulkan radiasi matahari.

Disisi lain, ternyata istilah O3 (O-ZONE) juga dikenal dalam dunia pemasaran. Setidaknya hal ini dapat kita baca pada buku Marketing 4.0 hasil karya Philip Kotler yang berkolaborasi dengan Hermawan Kartajaya dan Iwan Setiawan. Kedua orang terakhir ini dikenal sebagai pakar pemasaran yang berperan penting di MarkPlus.

Dalam buku tersebut disebutkan, bahwa dalam melakukan pembelian/pemilihan produk atau layanan, seseorang dipengaruhi oleh 3 elemen O, yaitu Own, Outer, dan  Other (O3). Yang dimaksud dengan Own adalah, seseorang menentukan pilihan karena pengalaman dan referensi yang berasal dari dirinya sendiri. Sedangkan Outer merupakan keterlibatan unsur luar dalam menentukan pilihan. Contohnya adalah iklan, promosi dan juga materi advertising lainnya. Sementara Other merupakan faktor yang mempengaruhi pemilihan produk/layanan berdasarkan pendapat lingungan sekitar. Yang dimaksud dengan lingkungan sekitar antara lain adalah fan, follower, family, dan friend (4F).

Oleh karenanya, dalam memasarkan produk/layanan, ada baiknya merek/brand memperhatikan O3 (terutama Other) dimana didalamnya terdapat unsur 4F. Karena dewasa ini, dengan adanya konektivitas yang sangat transparan yang terbuka luas, pelanggan cenderung meminta pertimbangan pihak lain alias Other. Salah satu strateginya adalah dengan melakukan pendekatan terhadap komunitas-komunitas tertentu yang terbukti memiliki keterkaitan dan saling keterhubungan yang cukup kuat dalam membentuk opini/imej sebuat merek/brand. Jika Anda berhasil memenangkan hati komunitas, maka Anda boleh jadi akan berhasil memenangkan semua hati pada komunitas tersebut.

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat