Hari Koperasi

Di Indonesia, konsep kerja sama perekonomian dalam bentuk koperasi tumbuh sangat pesat. Hal ini salah satunya didukung oleh semangat gotong royong yang telah menjadi urat nadi kehidupan bangsa Indonesia sejak dahulu kala. Berbekal konsep yang telah mengakar kuat di seluruh lapisan masyarakat tersebut, maka tak pelak kelahiran koperasi dinobatkan sebagai peristiwa penting yang setiap tahunnya diperingati pada 12 Juli.

Sejatinya, konsep koperasi yang mengedepankan unsur kerja sama dan kolaborasi bersifat win-win solution ini, semakin tumbuh subur pada era digital yang dibumbui perkembangan marketing 4.0. Pada era digital yang sangat kental dengan transparansi dan saling keterhubungan, kerja sama menjadi sebuah keniscayaan mesti disikapi secara bijaksana oleh seluruh pelaku bisnis. Kerja sama menjadi keharusan bagi mereka yang ingin tetap bertahan sekaligus tampil sebagai pemenang pada era kolaborasi digital ini.

Sebut saja aplikasi pemesanan ojek online, sebagai salah satu contoh nyata. Alih-alih hanya berperan sebagai aplikasi penghubung antara pelanggan dengan penyedia transporasi roda dua (yang menjadi menu utama dan andalan), kini platform tersebut telah berkembang lebih jauh. Selain memesan transportasi roda dua, pelanggan dapat melakukan ragam transaksi lainnya, seperti memesan makanan, order tenaga kebersihan, menggunakan jasa perawatan kecantikan, berderma, bahkan menjadi salah satu sarana pembayaran digital.

Tentu saja kesemua perkembangan layanan yang dihadirkan di atas hanya akan tercipta karena adanya kerja sama saling menguntungkan antara pihak-pihak terkait. Ini menjadi bukti nyata bahwa konsep koperasi (kerja sama) yang dibangun atas dasar saling menguntungkan akan terus berkembang. Terlebih, pada era digital, kolaborasi menjadi kata kunci yang mesti dipegang teguh dan tentunya dilestarikan. Ayo warganet, mari kita bersama-sama membuka potensi untuk saling berkolaborasi menghadapi luasnya peluang yang bisa diupayakan optimal.

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat