Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia merupakan hari libur nasional yang dirayakan setiap tanggal 17 Agustus, sekaligus diperingati sebagai hari lahir Indonesia sebagai bangsa merdeka. “Hari Merdeka” merupakan istilah yang sering digunakan untuk memperingati hari ini.

Bicara soal kemerdekaan, segala kemudahan yang dilahirkan oleh teknologi harusnya memerdekakan banyak hal dalam koridor yang positif, seperti meningkatkan harkat hidup manusia, semakin memanusiakan manusia, menjawab kesakitan manusia, dan membantu manusia menjadi jati dirinya yang lebih baik.

Tentunya, dengan dipersingkatnya waktu dan tenaga oleh hadirnya teknologi, harapannya manusia bisa lebih fokus terhadap sesuatu yang lebih besar pada hal-hal lain yang bersifat hakiki. Antara lain, lebih mempunyai waktu untuk mendengar sebelum angkat bicara, membuka diri untuk berempati saat berjejaring dengan manusia lainnya, serta memelihara dan bertanggung jawab terhadap lingkungan hidup di sekelilingnya. Seperti halnya teknologi yang terus berproses untuk sebuah kemajuan yang baru, demikian juga sebuah kemerdekaan. Untuk memahami ini, kita bisa mengingat dan berkaca kembali pada proses jelang Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya. Tentang bagaimana para pendahulu kita mengartikan kata merdeka. Pertanda diri kita merdeka di era digital adalah ketika kita dapat melakukan hal positif lebih banyak yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat