Hari Kebangkitan Teknologi Nasional

Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) merupakan salah satu hari bersejarah nasional yang diperingati setiap tanggal 10 Agustus. Peringatan ini pertama kali diadakan pada tahun 1995 berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 1995. Pada saat itu adalah hari dimana tonggak sejarah kebangkitan teknologi di Indonesia, yang ditandai dengan penerbangan perdana pesawat N-250 Gatotkaca di Bandung. Pesawat N-250 merupakan pesawat hasil rakitan bangsa kita sendiri di bawah prakarsa Bapak BJ Habibie.

Teknologi memberi pengaruh besar pada kehidupan, terutama berbagai kemudahan dengan hadirnya teknologi terbaru. Harteknas bertujuan untuk menghargai keberhasilan putra-putri Indonesia dalam memanfaatkan, menguasai, dan mengembangkan pengetahuan dan teknologi. Peringatan ini juga untuk memberi dorongan agar kita dapat terus mengembangkan inovasi yang berguna bagi bangsa kita, bahkan mungkin untuk seluruh dunia.

Saat ini, industri marketing 4.0 sedang ramai dan viral sebagai bahan diskusi warganet, dan yang menjadi tokoh utamanya mengacu pada perkembangan teknologi. Mengingat teknologi telah membuat proses produksi, pemasaran, distribusi dan sebagainya menjadi lebih efisien dan efektif. Selain itu, teknologi juga memberikan konektivitas bagi pelaku bisnis agar terhubung dengan akses-akses modal dan pasar yang baru. Sehingga, semua itu membuat teknologi seakan menyuguhkan berbagai aneka kemudahan.

Marketing 4.0 tidak hanya mengembangkan konektivitas machine-to-machine dalam rangka mendongkrak produktivitas, tetapi juga harus diimbangi dengan pengembangan konektivitas human-to-human yang justru akan memperkuat keterlibatan pelanggan. Sehingga, perkembangan teknologi tidak berhenti pada teknologi itu sendiri.

Dampak teknologi akan semakin kuat dan luas di setiap aspek bisnis serta di beberapa wilayah kompetensi kerja. Teknologi juga akan menjadi media yang kuat dalam mendukung bisnis consumer to consumer melalui pasar internet, dan akan memberikan kemampuan personalisasi serta kustomisasi kepada setiap individu dengan lebih baik. Hari ini, teknologi digital dan sosial media telah mengubah banyak hal, termasuk dunia pemasaran dan bisnis. Dampaknya adalah prosedur dan gaya berbisnis pun juga ikut berubah seiring perkembangan digital. Sebagai pemasar, kini kita sudah pasti tidak boleh memandang sebelah mata terhadap kekuatan digital dan sosial media. Kehadiran media sosial yang komprehensif menjadi strategis bagi perusahaan untuk tetap berada di depan era persaingan tanpa batas. Sehingga pada saat pembuatan keputusan, generasi Y dan Z benar-benar dipengaruhi oleh media sosial yang sejalan dengan berkembangnya dunia konten marketing.

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat