Hari Kanker Sedunia: Deteksi Dini Demi Cegah Kanker

Kanker adalah penyakit yang berasal dari pertumbuhan tidak normal sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Sel kanker dapat menyebar ke seluruh bagian tubuh sehingga dapat menyebabkan kematian.

Di Indonesia sendiri, kanker sering disebut masyarakat sebagai tumor. Padahal tidak semua tumor adalah kanker. Tumor adalah segala jenis benjolan yang tidak normal. Tumor terbagi menjadi dua yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Kanker adalah istilah umum untuk semua jenis tumor ganas.

Kanker bisa mengenai siapa saja baik laki-laki maupun perempuan. Umumnya, penyakit kanker terbanyak yang bisa diidap oleh perempuan yaitu kanker serviks dan kanker payudara. Sedangkan untuk laki-laki yaitu kanker paru.

Dikutip dari data Globocan tahun 2019, beban penyakit kanker di dunia semakin meningkat yaitu 18,1 juta kasus baru dengan angka kematian 9,6 juta. Sedangkan di Indonesia menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 mencatat terjadi peningkatan prevalensi kanker dari 1,4 persen per 1000 penduduk pada 2013 menjadi 1,8 persen per 1000 penduduk pada 2018. Lalu bagaimana cara untuk menekan angka kematian karena kanker?

Hal mendasar yang paling wajib dilakukan adalah dengan deteksi dini dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Apabila memiliki gejala seperti kanker, deteksi dini bisa dilakukan dengan mengunjungi rumah sakit terdekat untuk pemeriksaan awal. Pemeriksaan disarankan untuk orang-orang yang memiliki riwayat kanker di dalam keluarga atau memiliki faktor genetik.

Adapun menerapkan pola hidup bersih dan sehat bisa dilakukan dengan memenuhi gizi tubuh dengan Porsi Isi Piringku sesuai anjuran Kementerian Kesehatan. Makanan pokok (sumber karbohidrat) dengan porsi 2/3 dari ½ piring, lauk pauk (sumber protein) dengan porsi 1/3 dari ½ piring, sayur-sayuran (sumber vitamin dan mineral) dengan porsi 2/3 dari ½ piring, dan buah-buahan (sumber vitamin dan mineral) dengan porsi 1/3 dari ½ piring.

Terakhir adalah melakukan gerakan fisik atau berolahraga rutin minimal 30 menit sehari. Di masa pandemi seperti saat ini, olahraga sederhana juga bisa dilakukan di dalam rumah. Sehingga bisa terhindar dari penyakit kanker dan mencegah penyebaran Covid-19.

Selamat Hari Kanker Sedunia. Mari Deteksi Dini dan Cegah Kanker!

previous arrow
next arrow
PlayPause
Slider

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat