HARI GANEFO

Games of The New Emerging Forces atau yang dikenal sebagai Ganefo. Sudah 57 tahun berselang sejak penyelenggaraan pertama, Pesta olahraga Negara-negara berkembang ini adalah buah pemikiran Presiden pertama Republik Indonesia Soekarno pada akhir tahun 1962 sebagai tandingan pesta olahraga Olimpiade. Ganefo menegaskan bahwa politik tidak bisa dipisahkan dengan olahraga, hal ini menentang doktrin Komite Olimpiade Internasional (IOC) yang memisahkan antara politik dan olahraga.  

Motto dari Ganefo adalah Onward! No Retreat! Atau Maju Terus, Pantang Mundur! Ganefo pertama dilangsungkan di Jakarta, 10-22 November 1963, dan dan diikuti oleh sekitar 2700 atlet dari 51 negara di Asia, Afrika, Amerika Latin, dan Eropa. Penyelenggaraan GANEFO ini diboikot oleh negara-negara barat, meski begitu tetap berlangsung.

Setelah itu, GANEFO II diadakan di Phnom Penh, Kamboja pada 25 November – 6 Desember 1966. Awalnya GANEFO II akan diadakan di Kairo, Republik Arab Bersatu pada 1967, namun karena pertimbangan politik, akhirnya dipindahkan ke Phnom Penh, Kamboja. Partisipan GANEFO II adalah sekitar 2000 atlet dari 17 negara. Meski hanya berhasil mengadakan Ganefo sebanyak dua kali, prestasi Indonesia dalam mengadakan ajang olahraga internasional ini patut diacungi jempol. Itu sebabnya, disamping memperingati Hari Pahlawan, 10 November juga diperingati sebagai Hari Ganefo.

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat