Hari Diabetes Sedunia

Sejak 1991, pertama kali dicetuskan Hari diabetes Sedunia oleh International Diabetes Federation (IDF) dan juga World Health Organization (WHO), sebagai bentuk aksi menanggapi kekhawatiran yang berkembang karena meningkatnya ancaman kesehatan yang ditimbulkan oleh diabates

Begitu banyak kampanye kewaspadaan diabetes telah digelar, hari peringatan diresmikan oleh PBB pada 2006 saat dikeluarkannya Resolusi PBB 61/225 ini sudah seyogyanya kita tanggapi dengan mulai hidup sehat. Berikut beberapa langkah mudahnya :

Jaga berat badan ideal

Hasil uji klinis National Institutes of Health (NIH) Amerika Serikat, menurunkan berat badan merupakan cara terbaik untuk terhindar dari penyakit diabetes dan menurunkan risiko hingga 58 persen.

Jaga pola makan seimbang bergizi

Pastikan piring makan Anda selalu berisi variasi karbohidrat, protein, serat, lemak baik, serta vitamin dan mineral. Tidak kalah penting, perlu diperhatikan juga porsi gula, garam, dan minyak yang ditambahkan ke masakan. Kemenkes mengingatkan, untuk mengonsumsi maksimal 4 sdm gula, 1 sdt garam, dan 5 sdm minyak dalam satu hari.

Olahraga secara rutin Perlu diketahui, olahraga  secara rutin tidak hanya membakar lemak, namun juga dapat mencegah diabetes dan membantu sel-sel tubuh lebih sensitif terhadap insulin. Mari sempatkan waktu untuk olahraga ringan minimal 30 menit per hari, misalnya lari, berenang, bersepeda, basket, bulu tangkis, angkat beban, atau sekadar jalan santai.

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat