Hari Dharma Wanita Nasional

Dharma Wanita merupakan salah satu organisasi masyarakat (ormas) perempuan terbesar di Indonesia. Organisasi beranggotakan istri Pegawai Negeri Sipil (PNS) ini dibentuk dengan tujuan utama untuk meningkatkan kualitas sumber daya anggota keluarga PNS untuk mencapai kesejahteraan nasional.

Dharma Wanita hadir dengan peran yang strategis bagi program pemerintah. Misinya turut serta dalam pembanguan negara melalui pembentukan dan pengembangan sumber daya yang berkualitas. Tak hanya itu, Dharma Wanita juga mendorong optimalisasi peran perempuan bagi kemajuan negara.

Peran perempuan dalam pembelian produk pun terus menguat. Dilansir dari berbagai sumber, 97% keputusan pembelian selalu dipengaruhi oleh perempuan. Keperluan kantor, rumah serta belanja bulanan, secara rata-rata dipengaruhi mereka.

Kedudukan perempuan juga penting dalam dunia pemasaran. Dalam buku New Wave Marketing-nya Hermawan Kertajaya (2008), dipaparkan ada 3 new wave ready costumer (target pasar potensial baru). Target pasar potensial pertama adalah kaum muda, kedua perempuan dan ketiga netizen (pengguna internet). Netizen adalah orang yang setiap harinya ter-connect dengan internet.

Untuk menaklukan hati para perempuan, dibutuhkan strategi pemasaran khusus. Sebab perilaku lelaki dan perempuan sebagai konsumen cukup berbeda. Sehingga bisnis perlu memasarkan produk kepada perempuan dengan cara yang berbeda pula. Pemasaran tradisional dianggap kurang efektif bagi kaum perempuan, sementara pemasaran word-of-mouth dan viral marketing diyakini akan bekerja lebih baik. Ini sebabnya, kini semakin marak brand yang menggunakan strategi influencer marketing untuk pemasaran mereka.

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat