Hari Demokrasi Internasional

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah menetapkan 15 September sebagai Hari Peringatan Demokrasi Internasional. Indonesia sebagai negara demokrasi haruslah berbangga dengan peringatan ini, mengingat sejarah panjangnya dan hingga saat ini terus memelihara nilai-nilai dan praktek demokrasi. Dalam sejarahnya, pemuda berperan penting dalam memperjuangkan demokrasi Indonesia. Tak heran jika pemuda menjadi simbol kekuatan bangsa dalam menjaga demokrasi berjalan lancar.

Tak jauh berbeda dengan dunia marketing di era digital. Pemuda menjadi salah satu segmen penting dijadikan target  untuk meningkatkan advocacy customer. Laporan UNFA menunjukkan, pada 2014 ada 1,8 miliar anak muda usia 10-24 tahun. Angka tersebut tertinggi dalam sejarah manusia dan akan terus tumbuh.

Menurut Philip Kotler  dalam bukunya Marketing 4.0, kaum muda adalah kuci untuk mindshare untuk mempengaruh pikiran pelanngan umum. Mengapa? Karena peran kaum muda dalam mempengaruhi pasar sangat besar. Pertama, kaum muda adalah early adopters, karena mereka tidak takut untuk bereksperimen mencoba produk baru dan merasakan layanan baru yang dianggap terlalu riskan oleh segmen yang lebih tua.

Kedua, kaum muda adalah trendsetter, karena mereka adalah pelanggan “Zaman Now” yang menuntut sesuatu harus serba instan. Bahkan mereka sangat gesit mengikuti tren yang bagitu cepat. Sebagai pemasar sudah seyogyanya menunjukkan tren dengan tepat yang akan memengaruhi pasar dalam waktu dekat yang dapat menyesuaikan karakter kaum muda yang serba “Now”.

Ketiga, kaum muda adalah game changers, karena tren terkini menunjukkan kaum muda menjadi dewasa jauh lebih cepat sehingga mereka jauh lebih cepat  merespon perubahan dunia seperti globalisasi dan kemajuan teknologi. Dengan demikian kaum muda lebih aware terhadap sekitarnya, bahkan menjadi salah satu pendorong utama perubahan dunia. Hal ini mampu membangkitkan kesadaran kaum tua akan pentingnya aktivitasme dan dampak sosial.

Dengan mengetahui peran tersebut, pemasar tentu dapat lebih efektif dalam menjalankan campaign yang menargetkan kaum untuk menjadi pelanggan loyal yang dapat mempegaruhi segmen lainnya.

Selamat Hari Demokrasi Internasional Maju Terus Demokrasi Indonesia!

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat