Hari Bank Indonesia

Bank Indonesia (BI) selaku bank sentral memiliki peran sebagai penjaga stabilitas moneter di Indonesia, agar jumlah uang yang beredar di masyarakat tetap terjamin sesuai dengan kebutuhan. Dengan demikian, ekonomi negara akan bertumbuh dan inflasi pun terkendali. Menjawab tantangan pesatnya perkembangan digitalisasi, BI memiliki 5 visi Sistem Pembayaran Indonesia (SPI) 2025 untuk memastikan tren digitalisasi berkembang dalam ekosistem ekonomi dan keuangan digital yang kondusif.

Kehadiran sistem pembayaran digital menjadi penyeimbang dan partner yang setara bagi uang tunai. Keduanya saling bersinergi dalam menciptakan metoda pembayaran yang nyaman bagi pengunanya pada situasi  yang berbeda. Meski berbeda “alam”, baik uang digital maupun uang tunai memiliki kontribusi dan peran yang  sama-sama penting. Bahkan, berkat dukungan teknologi keuangan, nilai nominal dari keduanya bisa saling  “bertukar posisi” dengan sangat mudah.

Tidak hanya BI, marketer pun harus memahami fenomena tren omni-chanel dalam konsep marketing 4.0 warganet. Dilansir dari Marketeers, riset global Mckinsey menyebutkan hanya 6% konsumen melakukan riset secara offline dan akhirnya bertransaksi offline. Sisanya atau 94% menggunakan online, baik ketika riset ataupun berbelanja.

Pelanggan pada era digital ini memiliki kebebasan yang tanpa batas dalam mengakses informasi sehingga dengan mudah berpindah kanal dari online ke offline atau pun sebaliknya.

Oleh karena itu, marketer harus mampu memberikan pengalaman yang menarik dan berkesan saat pelanggan mencari informasi terkait produk/layanan kita secara online maupun offline. Hal tersebut dapat menjadi salah satu pilihan terbaik dalam membentuk kepuasan dan loyalitas pelanggan. Karena pada dasarnya warganet, omni-chanel marketing merupakan pendekatan pemasaran yang mengintegrasikan banyak kanal untuk menciptakan pengalaman pelanggan secara efektif dan konsisten.

Selamat Hari Bank Indonesia

Semoga perbankan nasional semakin maju dan kokoh!

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat