HARI AKSARA INTERNASIONAL

Hari Aksara Internasional (HAI) telah ditetapkan untuk diperingati pada tanggal 8 September melalui Konferensi UNESCO pada tanggal 26 Oktober 1966. Sejak penyelenggaraan HAI pertama pada tahun 1966, peringatan HAI terus dilakukan oleh dunia setiap tahun sebagai wujud memajukan agenda keaksaraan di tingkat global, regional, dan nasional.

Penetapan HAI merupakan buah dari keprihatinan UNESCO terhadap kondisi keberaksaraan masyarakat dunia. hari besar ini bertujuan untuk menggerakkan masyarakat dunia akan pentingnya keberaksaraan. Melalui Hari Aksara Internasional, UNESCO ingin membudayakan literasi kepada masyarakat dunia. Pada dasarnya, terdapat banyak manfaat dari membudayakan literasi.

Pertama, dengan membudayakan literasi sama saja mengajak untuk lebih melek informasi. Dengan terbiasa berliterasi, seperti membaca, menulis, dan berdiskusi, kita bisa mengetahui banyak informasi dari berbagai belahan dunia.

Kedua, kita dapat terhindar dari hoaks. Di era post truth, informasi banyak bertebaran di media sosial, portal daring, hingga mulut ke mulut. Untuk membedakan mana informasi yang tepat, bagi orang yang kurang berliterasi mungkin akan sulit melakukannya. Tetapi, bagi orang yang sering berkegiatan literasi, membedakan antara informasi yang benar dengan hoaks sangatlah mudah. Sebab, orang yang berliterasi mengetahui berbagai informasi dari berbagai sumber. Hal itu membuatnya mampu mengetahui ciri informasi yang benar dan terpercaya. Ketiga, dengan berliterasi, kita diarahkan untuk membuat karya yang bisa bermanfaat kepada orang lain. Membuat karya merupakan bagian dari kegiatan berliterasi, yakni menulis. Karya tulis yang kita hasilkan membuat kita berkontribusi untuk mengentaskan buta huruf dan informasi kepada masyarakat dunia.

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat