Hari Agraria Nasional

Tanggal 24 September diperingati sebagai Hari Agraria Nasional atau Hari Tani Nasional. Diperingatinya Hari Agraria Nasional atau Hari Tani Nasional ini tidak terlepas dari peristiwa penting dalam sejarah, yakni disetujuinya RUU Agraria oleh DPR sebagai UU No. 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria.

Peringatan hari tersebut menjadi titik bagi sejarah bangsa dalam memandang arti penting petani dan hak kepemilikan atas tanah serta keberlanjutan masa depan agraria di Indonesia. Hal ini mengingat mayoritas rakyat Indonesia adalah petani dan kehidupan bangsa yang berdampingan dengan kehidupan agraria. 

Saat ini, para petani tengah menyambut era revolusi industri 4.0. Dimana seluruh aspek kehidupan manusia didominasi oleh teknologi, terutama yang terintegrasi internet. Berbagai perubahan serta peluang pun datang. Salah satunya, perubahan bisnis yang merambat ke digital dan media online

Dengan memasuki era digital, petani Indonesia kini dapat menerapkan sistem jual beli hasil tani nya secara online, yakni melalu marketplace khusus untuk produk pertanian. Sebut saja Agromaret, TaniHub, Petani, Pantau Harga, atau LimaKilo.

Pemasaran digital di sektor pertanian ini diharapkan dapat memutus rantai distribusi dan memperluas wilayah pemasaran. Selain itu, dengan adanya marketplace hasil pertanian ini, dapat membantu menghilangkan tengkulak. Pemasaran digital tersebut juga diharapkan dapat menekan harga produk pertanian dan membantu petani agar lebih mandiri dengan bertransaksi langsung dengan konsumennya. Jaya selalu petani Indonesia!

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat