Hal yang Diperhatikan pada Drainase Rumah


Drainase atau saluran air memiliki peranan penting dalam sebuah rumah tinggal. Ketika membangun rumah, hal ini perlu diperhatikan sehingga tidak memunculkan berbagai masalah dikemudian hari. Misalnya munculnya genangan air yang berujung munculnya sarang nyamuk berkembang biak.
Dalam membuat drainase, ada beberapa hal yang dapat diperhatikan:
1.    Saluran Air
Perhatikan tata letak saluran di sekitar rumah. Sesuaikan juga ukuran drainase rumah dengan saluran air yang ada dan seberapa besar kapasitas dari saluran air tersebut. Ukuran drainase tidak boleh terlalu kecil dibandingkan dengan saluran air yang akan mengakibatkan tidak lancar dan tersumbatnya saluran drainase.

2.    Penggunaan Pipa
Pilihlah pipa yang tidak mudah retak, dan pecah serta tahan dari segala macam cuaca. Pipa berbahan dasar PVC (Poli Vinil Chlorida) termasuk pipa yang tahan terhadap air sehingga bisa dipakai dalam jangka waktu lama. Perhatikan area pemasangan pipa apakah sering dilalui ataukah tidak, agar nantinya tidak mudah rusak.

3.    Air Permukaan
Keberadaan air permukaan seperti air bekas cucian atau air dari kamar mandi juga perlu diperhatikan. Jika saluran drainase tidak mencukupi, maka air akan meluap dan mengakibatkan genangan. Timbulnya genangan air bekas ini akan membawa masalah baru yakni aroma yang bisa mengganggu. Solusinya adalah menambahkan parit-parit kecil sebagai penampung sementara curahan air bekas.

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat