Empat Gurun Pasir Di Indonesia

  • Gumuk Pasir Parangkusumo, Yogyakarta

Hasil gambar untuk Gumuk Pasir Parangkusumo, YogyakartaGumuk Pasir Parangkusumo berada tidak jauh dari Pantai Parangtritis dan Depok, Bantul, Yogyakarta. Keberadaan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu juga turut berperan dalam pembentukan Gumuk Pasir Parangkusumo. Mitosnya, pasir ini merupakan material vulkanik yang terbawa dan terkikis oleh arus Sungai Progo. Tak hanya menikmati ombak-ombak pasir yang terhampar, Anda juga dapat memacu adrenalin dengan melakukan sand boarding di sini.

 

  • Pasir Berbisik Bromo, Jawa Timur

Gambar terkaitPenggunaan nama tempat ini disebabkan karena pernah menjadi tempat pengambilan gambar untuk film berjudul Pasir Berbisik yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo pada tahun 2001. Pasir yang berbukit-bukit dan memiliki tekstur ombak ini tak jarang memikat wisatawan yang datang ke kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini. Tidak heran jika Pasir Berbisik merupakan salah satu destinasi ketika menjelajah Bromo.

 

  • Gurun Pasir Busung, Kepulauan Riau

Hasil gambar untuk Gurun Pasir Busung, Kepulauan RiauGurun Pasir Busung merupakan sebuah peninggalan dari bekas penambangan bauksit yang saat ini terbengkalai. Gurun dengan gundukan berwarna coklat ini menjadi magnet paling kuat yang menarik wisatawan untuk singgah disini. Gurun Pasir Busung ini berada di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau.

 

  • Gumuk Pasir Toraja, Sulawesi Selatan

Hasil gambar untuk Gumuk Pasir Toraja, Sulawesi SelatanJika di Grand Canyon, Amerika Serikat, Anda akan menemukan batuan dengan tekstur unik berwarna kuning kecoklatan, di sini Anda juga bisa menemukan hal yang hampir mirip, yaitu di Gumuk Pasir Toraja. Bedanya temapat yang berada di Sulawesi Selatan ini adalah perbukitan pasir dengan warna hitam. Namun untuk konturnya tak terlalu jauh berbeda. Meski begitu bentuk dari perbukitan pasir ini akan berubah-ubah, tergantung dari ke mana arah angin bertiup. (dari berbagai sumber)

 

 

——————————

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat