Efektivitas Content Marketing Dibanding Pemasaran Tradisional

Salah satu inovasi anyar dari pemasaran digital masa kini adalah content marketing. Lewat content marketing, pemasar bertugas untuk menciptakan informasi yang mendorong brand mereka selalu berada di posisi top of mind pelanggan.

Strategi ini sebenarnya tidaklah ‘sangat’ baru, sebab kehadirannya masih berkaitan dengan konteks pemasaran tradisional, yakni membuat audiens terlibat (engaged).

Meski demikian, dalam pemasaran tradisional, iklan yang disajikan hanya mempromosikan apa yang dijual (produk/jasa). Sementara model seperti sekarang sudah tidak begitu efektif. Masyarakat mulai kebal dengan iklan produk dan iklan seperti ini dengan cepat dilupakan.

Sebaliknya praktisi content marketing, memanfaatkan iklan tidak hanya untuk mempromosikan produknya saja. Melainkan untuk mendistribusikan konten yang bermanfaat.

Ketika Anda memiliki konten yang benar-benar bermanfaat, maka audiens yang akan menemukan Anda. Mereka ini berpotensi menjadi follower, subscriber, kemudian menjadi customer, yang pada akhirnya mereka juga akan membantu mempromosikan bisnis anda kepada kenalan mereka (advocate). Selain lebih praktis dan efektif dalam menjaring banyaknya konsumen, pemasaran dengan metode ini juga cenderung lebih mudah karena memanfaatkan media sosial (online)  dibandingkan dengan pemasaran tradisional yang umumnya menggunakan media iklan koran, brosur, dan papan reklame untuk mempromosikan produk atau jasa.

Sekarang pikirkan kembali, apa yang akan Anda pilih, iklan yang mempromosikan produk saja atau iklan yang mempromosikan konten gratis yang memberikan solusi bagi kebutuhan Anda?.

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat