Deteksi Dini Alergi Pada Si Kecil

Jika si kecil mengalami gejala alergi, Anda tidak perlu panik. Berikan segera pertolongan pertama pada si kecil, seperti mencari tahu penyebab timbulnya reaksi alergi. Jika gejala alergi yang timbul terjadi di kulit, maka jaga si kecil agar tidak menggaruk bagian yang gatal. kompreslah bagian yang gatal dengan air dingin, lalu oleskan krim hidrokortison.

Setelah itu konsultasikan segera gejala yang dialami si kecil dengan dokter. Namun jika dokter belum dapat mengetahui pencetus alergi melalui riwayat penyakit si kecil ataupun riwayat alergi dalam keluarga, maka dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut melalui tes alergi.

Meski begitu penanganan alergi terbaik adalah dengan melakukan pencegahan. Ini merupakan upaya terbaik untuk menjauhkan si kecil dari alergi. Upaya pencegahan bisa dilakukan  melalui deteksi dini sebelum gejala alergi muncul dengan merujuk pada riwayat keluarga. Selain itu pencegahan juga bisa dilakukan dengan memberikan ASI eksklusif pada bayi hingga usia 6 bulan.

Dan yang tak kalah penting dalam pencegahan alergi adalah menjaga kebersihan lingkungan rumah, seperti membersihkan kamar tidur dan tempat bermain si kecil secara rutin Bersihkan 2 kali sehari untuk menghilangkan debu-debu rumah. Selain itu bersihkan kamar ataupun ruang bermain Si kecil dari tumpukan buku, pakaian yang digantung, karpet, dan gorden berbahan tebal. (dari berbagai sumber)

 

————————–

 

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat