City Car Pilihan Tepat Berkendara di Daerah Perkotaan

Seiring dengan semakin besarnya kebutuhan masyarakat akan kendaraan roda empat, maka sebagian masyarakat perkotaan kini lebih memilih kendaraan yang simpel serta praktis untuk keperluan sehari-hari, khususnya untuk perjalanan dalam kota

Seperti kita ketahui, dalam beberapa tahun terakhir kendaraan dengan dimensi kompak serta hemat bahan bakar telah menjadi tren bagi konsumen dunia dan juga tanah air. Salah satu faktornya adalah kemacetan yang hampir selalu terjadi ditambah dengan meningkatnya harga minyak dunia. Apalagi isu yang menghangat akhir-akhir ini yaitu Global Warming yang semakin kerap terdengar di telinga, membuat kita semakin jeli dalam memilih sebuah kendaraan, terlebih ramah terhadap lingkungan.

Mencermati kondisi tersebut, pabrikan kendaraan bermotor melihat adanya peluang untuk pasar di kelas ini. Hingga akhirnya, muncul kendaraan yang disebut dengan city car. Keadaan ini tak pelak lagi membuat para pabrikan untuk mengeluarkan produk city car. Kendaraan mungil ini biasanya digunakan untuk keperluan transportasi di dalam kota. Ciri khas dari city car adalah bentuknya yang simpel, mudah dikendarai dan tidak perlu menggunakan mesin bertenaga besar. City car memang direkomendasi bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan seperti Jakarta yang selalu berhadapan dengan kemacetan. Namun memiliki mobilitas yang tinggi serta senang dengan kendaraan yang serba simpel, tapi dapat memenuhi segala kebutuhan sehari-hari.

Sementara itu, harga yang ditawarkan untuk produk-produk city car ini terbilang lebih terjangkau jika dibandingkandengan mobil lainnya. Namun meski memiliki harga yang terjangkau, kebanyakan city car memiliki bentuk yang menarik, mengadopsi teknologi canggih serta mempunyai fasilitas hiburan di dalamnya. Meskipun desainnya yang terbilang unik ini biasanya menjadi bahan pertimbangan dalam memilih city car, tetap saja performa mesin adalah hal yang penting dalam memilih sebuah kendaraan.

Untuk urusan dapur pacu city car mengadopsi mesin berkapasitas kecil, yaitu antara 1000 hingga 1500 cc. Pemilihan mesin ini tentunya didasari dengan kemudahan perawatan serta pemakaian bahan bakar yang terbilang irit. Tidak itu saja, beberapa city car buatan pabrikan Jepang dan Korea malah mencangkokkan beberapa teknologi terkini seperti ABS (Antilock Breaking System) di keempat roda, EBD (Electronic Break Force Distribution), dual airbags dan sensor parkir. Selain itu, untuk urusan transmisi city car mempunyai dua pilihan yang dapat Anda pilih yaitu manual atau otomatis.

Di Indonesia, city car telah menjadi pilihan masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan serta mempunyai mobilitas tinggi. Beberapa merek city car menjadi primadona bagi para penggila kendaraan berbadan mungil tersebut. Sebut saja Honda Jazz, Toyota Yaris, Suzuki Estilo, Suzuki Swift, Subaru R1 atau city car buatan Korea seperti Hyundai Atoz dan KIA Picanto. Semua tentunya mempunyai keistimewaannya masing-masing. Desainnya tidak hanya keren, tapi juga menggoda dengan beragam macam kecanggihan teknologi yang dihadirkan di city car ini, membuat kendaraan mungil ini sangat cocok menjelajahi jalan-jalan kota yang padat serta mampu bermanuver gesit di tengah keramaian kota.

 

TIPS MEMILIH CITY CAR

  • Pilihlah city car dengan posisi stir paling nyaman. Ini penting, karena dimensi kendaraan yang terbilang mungil, membuat Anda harus memilih posisi roda kemudi yang paling sesuai dengan postur Anda. Ini tentunya berhubungan dengan kenyamanan Anda berkendara.
  • Mengetahui spesifikasi mesin, mulai dari kapasitas mesin hingga teknologi yang diadopsinya. Semua ini berhubungan dengan kemampuan city car tersebut serta tentunya harga kendaraan tersebut.
  • Perhatikan fitur keamanan pada city car yang Anda pilih. Seperti misalnya sabuk pengaman di setiap tempat duduk, rem ABS hingga air bag. Semua ini berkaitan dengan keselamatan Anda selama berkendara.
  • Membandingkan kelengkapan yang ada pada sebuah city car. Misalnya central lock, power window, tape dengan CD player hingga sensor parkir.

(Oleh: Chairudi Barata)

 

 

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat