Cara Praktis Siapkan Barang-Barang Saat Traveling!

Salah satu hal yang menyenangkan guna merelaksasikan pikiran yang jenuh adalah dengan melakukan traveling. Bahkan, kini traveling sudah menjadi gaya hidup yang kerap diterapkan oleh segelintir penikmat alam, maupun sudut kota. Melakukan traveling akan terasa lebih nikmat jika dilakukan dalam waktu yang cukup panjang. Setelah menyiapkan cuti yang begitu panjang, Anda juga perlu menyiapkan beberapa barang bawaan yang diperlukan selama melakukan perjalanan.

Mengemas barang-barang yang akan dibawa saat traveling menjadi salah satu hal yang patut diperhatikan. Pasalnya, Anda harus pandai dalam memilah barang-barang yang sekiranya penting dan bermanfaat untuk dibawa. Terkadang, hal ini menjadi salah satu kendala bagi para traveler, apalagi para traveler wanita yang memiliki list barang bawaan yang lebih banyak daripada pria. Dengan demikian, Anda membutuhkan beberapa tips penting yang patut disimak dan diterapkan mengenai cara dalam mengemas barang-barang bawaan saat traveling.

Pertama, tentukan terlebih dahulu tujuan perjalanan Anda dan waktunya, karena hal tersebut sangat berpengaruh terhadap barang apa saja yang akan dibawa. Dengan begitu dapat memudahkan dan efisiensi dalam mengemas barang bawaan. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan saat mengemas barang bawaan traveling :

  1. Buat Daftar Barang

Daftar barang bawaan saat ingin traveling menjadi penentu barang apa saja yang akan dibawa. Dengan begitu, akan memudahkan Anda untuk menyiapkan barang-barang yang akan dibawa dan menyusun ke dalam tas sesuai dengan tingkat prioritas. Misalnya, tujuan Anda adalah untuk hiking, Anda akan menyusun barang-barang yang sekiranya sering digunakan akan ditaruh di bagian atas. Hal tersebut dilakukan agar memudahkan dalam mengambil barang tersebut. Membuat daftar barang bawaan juga bertujuan agar meminimalisir potensi barang yang tertinggal.

  1. Efisiensi Barang Bawaan

Setelah membuat daftar barang-barang yang akan dibawa, Anda dapat memilih barang yang memiliki prioritas untuk dibawa dan tidak perlu membawa barang yang tidak penting. Karena, hal tersebut hanya akan memenuhi kapasitas saja. Misalnya, di dalam daftar barang bawaan terdapat kamera DSLR. Anda cukup membawa body dan memory, 1 buah lensa dan charger saja. Anda tidak perlu membawa lensa lebih dari satu. Karena, hal tersebut terlalu berlebihan. Dengan satu buah lensa saja sudah cukup bisa digunakan untuk dokumentasi perjalanan. Kalau bisa, bawa kamera yang jauh lebih ringan.

  1. Menggulung Pakaian

Pada poin ini perlu diperhatikan. Pasalnya, masih banyak yang berkeluh-kesah mengenai packing yang terlalu penuh. Padahal, Anda dapat mensiasatinya dengan menata pakaian dengan cara yang jauh lebih efisien, yaitu dengan cara menggulung pakaian. Cara tersebut jauh lebih mengefisiensikan ruang di dalam tas. Jangan pisahkan baju dan celana yang serasi. Gulung setiap setelan pakaian. Hal itu dilakukan agar tidak sulit mencari dan mengambilnya tanpa harus membongkar isi tas secara keseluruhan.

  1. Menyusun Sesuai Bobot

Menyusun barang bawaan berdasarkan bobot barang yang dibawa, mulai dari yang berat hingga ke ringan. Menyusun barang bawaan dengan posisi searah, vertikal atau horizontal. Letakkan barang bawaan yang paling berat di posisi paling bawah.

  1. Bawa Tas Kecil untuk Kebutuhan Primer

Selain tas untuk menyimpan pakaian dan kebutuhan sandang, jauh lebih baik lagi Anda membawa tas kecil untuk menyimpan dompet, smartphone, charger, serta obat-obatan. Hal itu dilakukan agar Anda tidak perlu kesulitan mengambil barang-barang tersebut ke dalam tas besar jika sewaktu-waktu membutuhkan.

  1. Sedia Plastik dan Karet Gelang

Berpergian jarak jauh dan dalam waktu yang lama alangkah baiknya jika Anda tidak lupa untuk membawa plastik dan karet gelang. Keduanya dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang kecil yang dibutuhkan sewaktu-waktu agar tidak hilang. Bila perlu, bawa plastik re-use zipper yang jauh lebih praktis.

  1. Sediakan Rain Cover

Rain cover memiliki peranan penting untuk melindungi barang bawaan Anda dari sengatan terik matahari, maupun rintik air hujan. Meski kecil ukurannya, namun memiliki manfaat yang begitu besar. Anda dapat meletakkan rain cover di kantung bagian bawah tas yang terpisah khusus menyimpan rain cover.

Beberapa tips tersebut dapat Anda terapkan ketika Anda siap melakukan perjalanan ke tempat yang ingin dituju. Persiapkan seluruh destinasi dan perlengkapan yang diperlukan dengan membuat daftar dan menyeleksi sesuai keperluan. Dengan begitu, kecil kemungkinan terhindar dari barang yang tertinggal.

(Oleh: Anita Fitriany)

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat