Berburu Oleh-Oleh Di Makassar

Berlibur ke kota Makassar tentunya tidak lengkap jika tidak berburu oleh-oleh. Sebab banyak benda dan kuliner lezat yang mungkin tidak mudah didapatkan di kota lain. Berikut beberapa oleh-oleh yang wajib Anda bawa pulang :

 

Kain Tenun Toraja

Hasil gambar untuk tenun torajaKain tenun Toraja dulunya digunakan oleh orang tertentu saja, seperti bangsawan. Kini, semua golongan masyarakat bisa membelinya. Kain ini umumnya memiliki motif zig-zag yang membentuk pola geometris yang indah. Uniknya, pewarna kain ini menggunakan bahan dari alam sekitar. Harganya pun bervariasi, tergantung kerumitan corak dan ukurannya.

 

Minyak Gosok Cap Tawon

Hasil gambar untuk Minyak Gosok Cap TawonMinyak Gosok Cap Tawon ini seringkali menjadi barang buruan wisatawan sebelum pulang ke kota asal. Obat tradisional cair ini berfungsi untuk mengatasi keluhan kesehatan ringan seperti luka kecil, memar, nyeri sendi, dan masih banyak lagi. Terdapat dua jenis dengan warna tutup botol yang berbeda, yaitu merah dan putih.

 

Sirup DHT

Hasil gambar untuk sirup dht asli makassarSirup DHT sering digunakan untuk melengkapi kuliner tradisional seperti pisang ijo dan pallu butung. Teksturnya kental, berwarna merah gelap serta dengan cita rasa yang manis. Sirup ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh atau jamuan untuk tamu di rumah. Sulit untuk menemukan minuman ini di kota lain karena produksinya terbatas di Makassar saja.

 

 

Bakso Ati Raja

Gambar terkaitKuliner Bakso Ati Raja ini menjadi tujuan utama wisatawan untuk mengisi perut. Saking enaknya, banyak yang rela merogoh kocek dalam hanya untuk membawanya pulang ke kota asal. Bahannya menggunakan daging tanpa lemak dan sedikit kanji. Tekturnya pun terasa lembut di lidah. Hidangan ini makin lezat dengan tambahan sambal kuning khas Makassar yang super pedas.

Gambar terkait

 

 

 

 

 

 

———————————

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat