Beragam Manfaat Terumbu Karang

 

Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki wilayah perairan yang lebih luas dibandingkan wilayah daratan. Dengan wilayah perairan yang luas tersebut tentunya didalamnya terdapat kekayaan alam yang tak ternilai, salah satunya adalah terumbu karang. Indonesia sendiri memiliki areal terumbu karang seluas 60.000km2, dikenal sebagai pusat distribusi terumbu karang untuk seluruh Indo-Pasifik.

Terumbu karang Indonesia sangat beraneka ragam dan memegang peranan yang sangat penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan dan menyumbangkan stabilitas fisik pada garis pantai tetangga sekitarnya. Oleh karena itu, terumbu karang sudah semestinya dilindungi dan dikembangkan secara terus menerus.

Secara definisi, terumbu karang merupakan rumah bagi banyak mahkluk hidup laut. Terumbu karang yang beraneka ragam bentuknya tersebut memberikan tempat persembunyian yang baik bagi  hewan laut. Beberapa hewan laut seperti udang lobster, ikan scorpion dan beberapa jenis ikan karang lainnya tinggal di terumbu karang sebagai tempat bersarang dan memijah. Indonesia memiliki lebih dari 253 jenis ikan hias laut. Dan bagi masyarakat pesisir, terumbu karang memberikan beragam manfaat, diantaranya mencegah bahaya abrasi juga sebagai tempat untuk mencari mata pencaharian mereka.

Berikut beberapa manfaat dari terumbu karang :

  • Tempat tinggal, berkembang biak dan mencari makan ribuan jenis ikan, hewan dan tumbuhan yang menjadi tumpuan kita.
  • Pelindung ekosistem pantai. Terumbu karang akan menahan dan memecah energi gelombang sehingga mencegah terjadinya abrasi dan kerusakan di sekitarnya.
  • Sumberdaya laut yang mempunyai nilai potensi ekonomi yang sangat tinggi.
  • Rumah bagi banyak jenis mahluk hidup di laut. Karenan banyak hewan dan tanaman yang berkumpul di sini untuk mencari makan, memijah, membesarkan anaknya, dan berlindung.
  • Sumber obat-obatan. Pada terumbu karang banyak terdapat bahan-bahan kimia yang diperkirakan bisa menjadi obat bagi manusia. Saat ini banyak penelitian mengenai bahan-bahan kimia tersebut untuk dipergunakan untuk mengobati berbagai manusia.
  • Keindahan terumbu karang sangat potensial untuk wisata bahari.

Dengan adanya terumbu karang, masyarakat disekitarnya dapat memanfaatkan hal tersebut dengan mendirikan pusat-pusat penyelaman, restoran, penginapan sehingga pendapatan mereka bertambah. Selain itu objek wisata terumbu karang yang bagus akan menarik minat wisatawan sehingga menyediakan alternatif pendapatan bagi masyarakat sekitar.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Integriti Publishing

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat