Asal Usul Kalender Cina

Masyarakat dunia mengenal beberapa macam sistem penanggalan dan kalender, yaitu kalender hijriyah, masehi, saka dan Cina. Masing-masing kalender tersebut dibuat dengan menggunakan mekanisme penghitungan yang berbeda satu dengan lainnya.

 

Kalender Cina sendiri menggunakan sistem penanggalan luni solar. Menurut legenda Cina, kalender Cina berkembang sejak tahun ketiga sebelum masehi. Dan para ahli menyepakati bahwa kalender Cina sebagai patokan penaggalan yang paling lama di dunia. Kalender ini diciptakan pemerintah Huang Di atau Maharaja Kuning yang memerintah sekitar 2698 – 2599 SM.

 

Bukti paling awal aerkologi mengenai kalender Cina ditemukan pada selembar naskah kuno yang diyakini berasal dari tahun kedua sebelum masehi atau pada masa Dinasti Shang. Pada masanya dipaparkan tahun luni solaryang lazimnya 12 bulan, namun kadang-kadang ada pula bulan ke-13 bahkan bulan ke14. Penambahan bilangan bulan dalam kalender memastikan peristiwa tahun baru tetap dilangsungkan dalam satu musim saja. Hal ini sama seperti kalender masehi satu hari tambahan pada bulan Februari setiap empat tahun.

 

Sementara itu di negara Cina sekarang, kalender Cina hanya digunakan untuk menandai perayaan orang Cina, seperti Tahun Baru Cina, perayaan Duan Wu, dan perayaan Kuih Bulan. Begitu juga dalam bidang astrologi, seperti memilih tahun yang sesuai untuk melangsungkan perkawinan atau meresmikan pembukaan bangunan baru. Sementara itu, untuk kegiatan harian, masyarakat Cina mengacu kepada hitungan kalender masehi. (dari berbagai sumber)

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat