Asal Mula Tahun Hijriyah

Bagi umat Islam kalender Hijriyah memiliki peran dan fungsi penting, khususnya untuk menandai waktu ibadah semisal berhaji, puasa dan lain sebagainya. Penanggalan Hijriyah merupakan turunan atau berasal dari masayarakat Arab. Sebenarnya sejak sebelum kedatangan Islam mereka sudah mengenal sistem penanggalan qomariah( berdasarkan bulan). Mereka sudah menetapkan tanggal satu ketika terlihatnya hilal dan menetapkan bulan seperti yang kita kenal sekarang. Hanya saja belum sampai menetapkan angka tahun, mereka hanya mengingat tahun-tahun yang dilewati dengan menandai sesuai peristiwa besar yang terjadi ketika itu.

 

Penerapan dan penerapan tahun Hijriyah  baru diterapkan padan zaman Khalifah Umar bin Khattab. Hal itu bermula ketika tahun ketiga beliau menjabat sebagai khalifah. Beliau mendapat surat dari Abu Musa al-Asyari yang ketika itu menjabat sebagai gubernur daerah Bashrah. Dalam surat tersebut, Abu Musa mengatakan: “Telah datang kepada kami beberapa surat dari amirul mukminin, sementara kami tidak tahu kapan kami harus menindaklanjutinya. Kami telah mempelajari satu surat yang ditulis pada bulan Syaban. Kami tidak tahu, surat itu Syaban tahun ini ataukah tahun kemarin.”

 

Membaca surat tersebut Umar kemudian mengumpulkan para sahabat. Di dalam pertemuan tersebut banyak usul yang masuk untuk dijadikan awal permulaan tahun. Setalah melewati musayawarah dan perundingan akhirnya diputuskan mengikuti pendapatnya Ali bin Abi Thalib yang mengusulkan tahun hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah menuju Madinah, sebagai tahun pertama. Sementara untuk penentuan bulan yang pertama ditetapkan berdasarkan pendapat Usman bin Affan dengan menjadikan bulan Muharam sebagai bulan pertama dalam Islam, karena bulan ini merupakan awal tahun pada kalender arab sebelum Islam. Begitulah proses penetampan tahun Hijriyah yang kita kenal dan menjadi acuan umat Islam seluruh dunia melakukan Ibadah. (Dari berbagai sumber)

 

integriti

Berikan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat